33.2 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Dugaan Penyempitan, Kecamatan Nanggung dan UPT Pengairan Bakal Ukur Ulang

Nanggung, Jurnal Inspirasi

Beredar adanya dugaan penyempitan lahan pengairan bantaran Kali Cicaung yang berlokasi di Kampung Babakan Cipetir RT 02 RW 07, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung  yang mengundang perhatian dan menimbulkan banyak pertanyaan warga sekitar. Pihak Yayasan Antam Bina Insani (ABI)  melalui bagian Sarpras, Arip membantah bahwa berdirinya bangunan di tanah milik Yayasan ABI itu tidak melakukan penyempitan ke lahan pengairan.

“Kami tidak berani tanah yang kami bangun itu sampai kalau sampai masuk ke sungai. Nah, kalau bangunan permanen milik Mang Urip yang biasa digunakan untuk usaha bengkel, mungkin bangunan bagian belakangnya masuk ke badan sungai,” bebernya.

Bahkan, sambung Arip, tanah yayasannya sudah banyak masuk ke lokasi pengairan. Ia menyebutkan, awalnya berdiri bangunan TPT dan jembatan, tadinya untuk perencanaan untuk mendirikan bangunan perumahan, tetapi belum tahu juga apakah nanti dibikin pasilitas gedung sekolah” Mengenai hal ini kami sudah kerjasama dengan desa dan kami tidak sembarangan karena sebelum dibangun tanah tersebut sudah diukur dengan melibatkan pihak BPN,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Camat Nanggung Hary Suharsono secepatnya bakal mengecek keberadaan dengan beredarnya informasinya adanya penyempitan di Kali Cicaung.”Permasalahan ini agar menjadi terang benderang dan tidak menimbulkan kecurigaan warga dan kami akan perintahkan Kasi Ekbang kemudian koordinasi dengan UPT pengairan untuk dilakukan pengukuran ulang di area  lahan Kali Cicaung  tersebut,” paparnya.

“Karena kami tugas di Kecamatan Nanggung terbilang masih baru,  tetapi akan  di upayakan untuk di cek lokasi untuk memerintahkan kasi Ekbang dan koordinasi dengan UPT Pengairan,” tukasnya.

Melalui sambungan teleponnya, Pengawas Irigasi wilayah Jasinga Apud mengaku, bahwa wilayah pengairan kali Cicaung yang menjadi berbatasan antara Kecamatan Nanggung dengan Kecamatan Leuwisadeng, UPT Pengairannya masuk ke wilayah Leuwiliang. Menurutnya, untuk irigasinya masuk ke daerah UPT Leuwilang dan aliran anak sungai Cikaniki masuk ke wilayah Kecamatan Leuwisadeng,” katanya.

Sementara, Kepala UPT Pengairan yang berkantor di Dramaga Pratama,  Hadri Sukmawijaya Guna saat di konfirmasi melalui pesan singkat WhatsAppnya belum bisa mejawab hingga berita diturunkan.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles