27.6 C
Bogor
Saturday, June 22, 2024

Buy now

spot_img

Krupuk Kulit Kang Holil, Cemilan Lezat yang Bisa Dinikmati Kapan Saja

Darmaga, Jurnal Inspirasi

Kerupuk merupakan makan pelengkap menu makan sehari-hari. Bahkan bagi sebagian orang ketika menyantap hidangan, rasanya belum lengkap kalau tanpa kerupuk. Selain kerupuk untuk pelengkap menu makanan, ada juga kerupuk yang dijadikan cemilan yang lezat, dan bisa dinikmati kapan saja. Seperti kerupuk kulit sapi (rambak) yang diproduksi pengusaha olahan kulit sapi di daerah Bogor, Holil. Salah satu anggota paguyuban makan dan minum Bogor (Mamiboo) ini membuat kerupuk yang terbuat dari kulit sapi di kawasan Darmaga.

Dia mengungkapkan dirinya telah memulai usaha sejak 2000 lalu, dengan mendatangkan bahan baku (kulit sapi) dari Garut dan Cianjur, dirinya mampu mengolah kulit sapi menjadi kerupuk mentah, dan dalam sehari kerupuk mentah yang Ia produksi rata-rata mencapai 3 kwintal. “Hasil produksi dari anggota paguyuban makan dan minum bogor (Mamiboo) usaha kerupuk olahan kulit sapi diijual ke luar daerah namun masih di Jawa Barat, seperti Bogor dan jabotabek katanya, Senin (2/3).

Kerupuk hasil olahan dari paguyuban makan dan minum Bogor (Mamiboo) kerupuk kulit sapi dari pondok kulit Taman Darmaga Permai blok D  9 jalan Mahoni, Darmaga ini dijual mulai dari harga Rp95.000-Rp100.000 per kg, tergantung kulitas kerupuk. Karena kerupuk yang diproduksi terbagi menjadi beberapa pilihan kualitas.

“Penjualan kerupuk ke luar daerah biasanya melalui jasa agen-agen makanan yang rutin mengambil stok barang ke lokasi produksi, namun kalau pun berminat membeli langsung, silakan datang ke tempat produksi di pondok kulit,” tutur holil Rasa kerupuk kulit sapi menurut holil tentu berbeda dengan jenis kerupuk lainnya, selain karena bahannya khusus dari kulit sapi asli, pengolahan kerupuk kulit pun berbeda.”

Meski Holil enggan menyebutkan bagaimana proses pengolahannya, namun Holil menjelaskan kerupuk kulit lebih cocok disandingkan dengan jajanan yang hangat dan pedas, seperti mie ayam atau baso. Dari hasil usaha olahan kerupuk kulit sapi, omzet yang diperoleh holil dalam 1 tahun bisa mencapai Rp 100 juta, dengan usaha kerasnya yang dibantu istri tercinta Holil memiliki cita-cita untuk terus memperbanyak  produksi kerupuk dan memperluas  jaringan pemasaran krupuk kulit. Bila ingin pesan, kontak paguyuban makan dan minum bogor, Indra Putra 0859-5940-4614, Pondok kulit dan Holil 0812-1015-1414.

Wawan Hermawanto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles