26.6 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Dinilai Cuek, Warga Tolak Pemberian Material dari Kades

Nanggung, Jurnal Inspirasi

Puluhan warga yang berada di wilayah RW 03 dan RW 04, Kampung Pasirgintung, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung menolak diberi material dari Kepala Desa Batutulis lantaran pengerjaan yang dibangun masyarakat secara swadaya menuju tempat pemandian laki laki dan perempuan sepanjang 80 meter hingga sekarang kades tak terlihat hadir dan terkesan cuek.

Penolakan  tersebut dibenarkan anggota BPD Desa Batutulis,  A. Toni saat ditemui di tempat masyarakat bergotong royong membangun kobak pemandian yang akan digunakan kaum  perempuan. “Kalau kami selaku BPD hanya bisa menampung apa yang disampaikan masyarakat dan itupun kata warga yang merupakan hasil  musyawarah dan kesepakatan bersama bahwa mereka menolak pemberian bahan material dari pak Kades,” ujar Toni kepada Jurnal Bogor, Kamis (27/2).

A. Toni yang biasa dipanggil Sadam menerangkan, informasi yang diterima dari warga desa, bahwa kegiatan gotong royong betonisasi jalan lingkungan sudah disampaikan ke kades melalui pihak LPM. Namun pihak kades tak meresfonnya. Lebih lanjut  Sadam mengatakan, alasan penolakan akan diberikannya bahan material berupa semen karena proses pengerjaannya sudah 80 persen dan hampir rampung. “Warga menceritakan langsung pak Kades  jangankan membantu datang ke lokasi pun tidak,” paparnya.

Jadi kesimpulannya, sambung Sadam, disaat warganya sedang melakukan giat kerja bakti  membangun jalan mereka bukan hanya ingin dibantu saja tetapi salah satu bentuk pengakuan pak kades bisa hadir dan berada ditengah tengah masyarakat, begitu katanya,” bebernya.

Sementara Camat Nanggung Ae Saepulloh akan menanyakan langsung kenapa kades Batutulis sampai tidak hadir disaat berlangsungnya kegiatan gotong royong yang dilakukan warganya membangun Jalan lingkungan. Menurut Ae, apapun yang dilalukan masyarakat Pasirgintung itu tidak bisa disalahkan. Sebab, dijaman sekarang ini mengajak masyarakat untuk bergotong royong, itu gampang-gampang sulit,” terangnya.

Tetapi seharusnya pihak pemerintah Desa Batutulis harus mendukung dan memberikan apresiasi. “Coba nanti akan panggil kadesnya apa yang menjadi dasar alasanya sampai dia tidak mau datang ke tempat warganya berswadaya membangun jalan,” tutupnya.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles