26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Desa Kopo Tangani Sampah Lingkungan

Cisarua, Jurnal Inspirasi

Keberadaan sampah di wilayah Puncak tetap menjadi hal yang penting untuk ditangani. Pasalnya, wilayah Puncak merupakan kawasan tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga desa desa yang ada di kecamatan itu kerap menuai kritikan dari para wisatawan terhadap keberadaan sampah yang selalu menjadi pemandangan di setiap sudut perkampungam.

Desa Kopo tadinya merupakan desa yang menjadi sorotan terhadap leberadaan sampahnya. Namun, secara pelan-pelan ditangani secara serius hingga sampah di desa itu mulai tertangani secara terkoordinir. Untuk menanganinya, pemerintahan desa dengan mengalokasikan dana desa dan telah membuat sebuah bak penampungan berukuran 8 X 8 meter yang terletak di simpangan Kampung Cidokom, jalan Cikopo Selatan.

“Sudah selesai pembangunan bak sampah tersebut. Tadinya lokasi itu sangat kumuh oleh sampah yang dibuang dari berbagai wilayah. Sekarang lokasi tersebut diawasi oleh petugas dari desa yang sekaligus menangani untuk pembakaran disana. Dengan demikian, kita bisa lihat sendiri lokasi itu kini tidak lagi kotor,” ujar staf Desa Kopo, Gugun Gunawan.

Sementara itu, di desa lain masih di Kecamatan Cisarua, mereka menangani berbagai cara. Desa Batulayang dan Jogjogan, dua desa itu menangani sampah melalui bank sampah. Warga bisa menabung sampah ke desa dengan berbagai kontribusi yang didapatkannya. Ada yang dibayar dengan uang, pulsa listrik bahkan ada juga yang dananya dipersiapkan untuk umroh ke Tanah Suci. “Sampah kita tangani dengan mendirikan bank sampah yang dipayungi okeh perdes melalui badan usaha milik desa. Dari nabung sampah itu, warga bisa umroh,” ujar Sekretaris Desa Jogjogan, Jejen Jaenudi.

Dadang Supriatna

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles