30.4 C
Bogor
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Citeko Mulai Diterjang Longsor

Cisarua, Jurnal Inspirasi

Hujan yang mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya, membuat beberapa lokasi di wilayah itu mengalami bencana tanah longsor, Senin (24/2). Longsor tersebut terjadi di ruas jalan Cikopo Selatan, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua. Meskipun longsor tebingan setinggi 5 meter itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun materil tanah longsoran bercampur rumpun bambu itu sempat menutup akses jalan tersebut.

Akibat tertutupnya badan jalan yang cukup vital ini, membuat para pengendara dan masyarakat setempat harus memutar arah menggunakan jalur lain. “Subuh itu terdengar bunyi bergemuruh yang diikuti dengan suara pohon tumbang. Pas dilihat, ternyata tebingan dekat pemakaman itu longsor. Beruntung tidak ada yang melintas atau menimpa rumah yang didepannya. Longsoran itu hanya menutupi badan jalan,” tutur Komar, warga setempat.

Sementara agar akses jalan cepat dilalui, Pemerintah Desa Citeko dan warga setempat langsung melakukan penanganan. Pihak desa juga melakukan koordinasi dengan PUPR Unit Ciawi yang ditindaklanjuti dengan datangnya beberapa petugas membawa peralatan untuk mengevakuasi material longsoran dan rumpun bambu yang menutupi badan jalan.

“Hari ini jalan ini bisa dilalui oleh kendaraan. Kita dan warga cepat melakukan penanganan dan dibantu Pol PP kecamatan, juga para petugas UPT PUPR Unit Ciawi. Semenjak musim hujan, untuk wilayah Citeko baru lokasi ini yang terjadi bencana longsor. Kita berharap mudah mudahan situasi musim hujan ini wilayah aman dari bahaya bencana tanah longsor. Dan kita terus melakukan pemantauan untuk bergerak cepat jika ada bencana alam terjadi,” tandas Omen, staf Desa Citeko saat berada di lokasi.

Dadang Supariatna

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles