33 C
Bogor
Wednesday, July 24, 2024

Buy now

spot_img

Lagi, Gedung Sekolah MI Rusak Berat

Nanggung l Jurnal Bogor

Persoalan infrastruktur pendidikan di Kabupaten Bogor sepertinya tidak ada habisnya. Sekarang ini bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persatuan Umat Islam PUI) yang berada di Kampung Banar, RT 02 RW 09, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung sudah tak layak pakai.

Ada 5 ruangan berikut kantor seluruhnya sudah rusak, mulai dari plafon, dinding termasuk kayu kayunya terlihat sudah pada lapuk. Hal itu tentu mengganggu KBM di sekolah,” kata kepala sekolah MI PUI, Ade  Saepudin kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Apalagi, ujar Ade, untuk  siswa kelas 3 dan 6 terpaksa   KBM digelar di lantau lantai lantaran mimnya sarana mebeler.” Minimnya fasilitas sekolah musababnya meja dan kursi belajar mengalami kerusakan setelah disapu banjir beberapa waktu lalu,” ujarnya. “Adapun bantuan berupa meja dan kursi dari yayasan Sekolah PUI, alhamdulilah bisa dimanfaatkan, meski keadaannya bekas pakai.”

Ade mengatakan, kondisi bangunan yang sudah tua membuat dirinya khawatir sewaktu waktu akan terjadi roboh. Pihaknya mengaku MI PUI ini sudah berdiri sejak tahun 1950,  dan itupun pernah direhab pada tahun 2009 lalu .” Meski sudah sering kali diusulkan akan tetapi begitu sulit pendidikan MI ini untuk mendapatkan bantuan,” keluhnya.

Menurut Ade, hingga sekarang belum pernah ada perhatian dari pemerintah. “Sepertinya pendidikan MI ini terkesan dianak tirikan,” paparnya. “Dengan digelarnya aksi demo di bumi tegar beriman yang dilakukan sejumlah pihak sekolah MI belum lama ini, mudah mudahan segera ada celah atau solusi untuk menjawab persoalan disekolah sekolah swasta terutama MI,” pintanya.

Lokasi sedung sekolah itu berada dibibir tebing ditambah sudah lama tidak dilakukan perbaikan.” Apalagi disaat  turun hujan sebanyak 140 siswa terpaksa dibubarkan dan KBM dibagi menjadi 3 sift pagi, siang dan sore,” sambung Kepala Dusun 2, sekaligus tenaga pengajar di sekolah itu, Odih Kusnedi.

Ditambahkannya, perhatian pemerintah kepada sekolah swasta sangat minim, pasalnya sampai saat ini belum ada perhatian berupa bantuan untuk perbaikan gedung sekolah.” Kami berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa membantu ruang kelas MI PUI  sehingga siswanya bisa belajar dengan nyaman dan tidak dihantui ketika hujan turun hujan,” harapnya.

Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles