Perluas Wawasan, Pustakawan PPMKP Ikuti Temu Teknis

0
Peserta Temu Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) berpose bersama.

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) menyertakan Sri Supranti Pustakawan untuk mengikuti  Temu Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) di Jakarta, pada 12 – 15 Februari 2020. Kegiatan yang digagas Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA Bogor) ini menampilkan Pembicara Kunci Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dengan materi Akselerasi Transformasi Perpustakaan Pertanian Berbasis Inklusi Sosial.

“Dalam materi ini Pustakawan dibekali informasi tentang pentingnya literasi pertanian untuk kesejahteraan dan kualitas hidup petani, “ ujar Sri.

Mengutip yang disampaikan Syarif Bando, kata  Sri literasi terdiri dari empat tingkatan, yakni kemampuan untuk mengumpulkan sumber bacaan, kemampuan untuk memahami apa yang tersirat dan tersurat, kemampuan untuk mengemukakan ide dan gagasan, dan kemampuan untuk menciptakan barang dan jasa yang bermutu.  Ia melanjutkan kesejahteraan akan lebih mudah diraih dengan tingkat literasi yang memadai dan perpustakaan berbasis inklusi sosial bertujuan untuk memberikan efek langsung bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup petani.

Sri menjelaskan selain diberikan materi dan praktik di dalam ruangan, 120 peserta yang berasal dari berbagai unit/kerja lingkup Kementan diajak melakukan tour  perpustakaan  ke  Gedung PUSTAKA, Musium Tanah  Pertanian dan Gedung Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital (P3D) di Bogor serta Kunjungan ke Perpustakaan Kemendikbud  dan    Perpustakaan Nasional di Jakarta.

Ia berharap dengan selalu mengikuti kegiatan ini setiap tahunnya,  kedepan perpustakaan PPMKP yang sudah memperoleh Akreditasi A  dapat mempertahankan akreditasinya dan terus  meningkatkan pelayanan prima, kreatif dan inovatif untuk dapat berkontribusi dalam  peningkatan  peran dan citra perpustakaan.

“  Materi – materi yang diberikan Peningkatan Soft Skill Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan yang disampaikan oleh Rudi Hernanda, S.S.N,  Pengembangan Sumberdaya perpustakaan Berbasis inklusi Sosial oleh Drs.Deni Kurniadi, M.Hum, Pengembangan kepustakawanan Berbasis SKKNI oleh Kapus pengembangan Pustakawan Pengembangan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusi Sosial oleh Drs.Supriyanto, M,Si, Penyusunan Rancangan kerja Pengembangan Perpustakan Petanian Berbasis Inklusi Sosial di UK/UPT/Wilayah oleh Ir. Heryati Suryantini, M.Sc, Pengantar dan Installing: Migrasi data Inlislite oleh Tim Pustaka, sangat bermanfaat bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan, “ bebernya.

RG/PPMKP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here