24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Pemkab Samakan Persepsi Soal Geopark Pongkor

Tamansari | Jurnal Bogor

Guna mewujudkan target menjadi Unesco Global Geopark (UGG) pada tahun 2021 dan mendukung program Pancakarsa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melaksanakan Musrenbang Geopark Pongkor Tahun 2020, Selasa (18/2). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, Musrenbang dilakukan guna menyamakan persepsi terhadap pembangunan Geopark Pongkor.

“Kami semua khususnya yang ada disini harus care terhadap pembangunan dan pengembangan Geopark Pongkor, kedepan ketikan Geopark Pongkor sudah diakui oleh dunia akan terasa manfaatnya, bukan hanya untuk keperluan konservasi, Geopark Pongkor juga untuk edukasi, wisata dan pemberdayaan ekonomi secara berkelanjutan,” ujar Burhanudin kepada Wartawan, kemarin.
Burhanudin yang didaulat menjadi Ketua Dewan Pembina Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor menambahkan, musrembang ini juga sebagai salah satu sarana untuk sosialisasi secara masif bagi para pemangku kepentingan. 

“Musrembang ini salah satunya sebagai upaya sosialisasi bagi para pemangku kepentingan, stakeholder dan masyarakat tentunya agar pengembangan Geopark Nasional Pongkor dapat menjadi prioritas pembangunan pasca ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional, untuk itu perlu kerjasama dan kerja keras dari semua pihak untuk mewujudkan Geoparak Nasional Pongkor menjadi Unesco Global Geopark (UGG),” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah menjelaskan, kegiatan musrembang ini untuk menajamkan pembangunan kawasan Geoparak Nasional Pongkor. 

“Musrembang ini diselenggarakan sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan untuk menajamkan ususlan kegiatan pemulihan kawasan Geopark Nasional Pongkor pasca bencana alam hasil Musrembang RKPD di Kecamatan serta merumuskan langkah-langkah percepatan menuju Unesco Global Geoparak,” jelas Syarifah.
Lebih lanjut ia memaparkan, untuk Kecamatan yang termasuk dalam kawasan Geopark Nasional Pongkor mendapatkan pagu indikatif khusus pengembangan Geopark Nasional Pongkor. 

“Setiap Kecamatan di wilayah Geopark Nasional Pongkor mendapatkan alokasi pagu indikatif tahun 2021 untuk pengembangan Geopark sebesar 1 Milyar bersumber dari APBD Kabupaten Bogor,” papar Syarifah. 

Noverando H

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles