28.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Minim PJU, Ruas Jalan Ciderum-Citapen Rawan Kejahatan

JURNAL INSPIRASI – Minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) disepanjang ruas Jalan Ciderum-Citapen, dikeluhkan warga. Sebab, gelapnya kondisi jalan saat malam hari, membuat ruas jalan yang menghubungkan dua desa dan kecamatan yakni, Desa Ciderum Kecamatan Caringin dan Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi, rawan kejahatan.

Rudi, warga Kampung Ciderum, Desa Ciderum mengatakan, sepanjang jalan mulai dari Kampung Anyar hingga Kampung Ciderum, keberadaan PJU sangat minim.

“Hanya ada beberapa PJU saja yang terpasang. Dan itu juga kondisinya tidak nyala alias padam,” ungkapnya kepada wartawan.

BACA JUGA Sidak SMPN 04 Gunung Putri, Kabid Sarpras Yakin Progres Bisa Selesai Tepat Waktu

Menurutnya, kondisi jalan gelap tanpa penerangan, membuat jalan yang merupakan akses utama warga beraktivitas, rawan kejahatan maupun kecelakaan.

“Kalau giliran kerja shift tiga, saya sering takut pulang. Dari pabrik itu keluar jam 24.00 WIB atau tengah malam, karena sepanjang jalan gelap saya mengendarai motor dengan kencang,” aku Rudi yang bekerja di salah satu pabrik di wilayah Caringin tersebut.

Rudi mengungkapkan, belum lama ini lebih dari tiga unit kendaraan milik warga Kampung Ciderum, hilang dicuri maling saat di parkir didepan rumah. Itu terjadi, karena kondisi jalan gelap.

“Mungkin kalau jalanan terang, maling juga tidak akan berani. Untuk itu saya minta agar sepanjang Jalan Ciderum terpasang PJU, biar tidak ada lagi tindak kejahatan,” paparnya.

BACA JUGA Surat Sakti Buat Dinas tak Berdaya

Kondisi sama juga terlihat di wilayah Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi. Dimana, hampir disepanjang ruas Jalan Cileungsi persisnya di Kampung Ciherang Gede hingga Cipaok, tidak terlihat adanya PJU.

“Saya juga heran, di wilayah ini hampir tidak ada PJU sama sekali,” jelas Jopi, warga Kampung Ciherang Gede Desa Cileungsi.

Padahal, lanjut Jopi, wilayahnya masih banyak pepohonan yang membuat kesan seram saat pengendara melintas di ruas jalan milik Kabupaten Bogor ini.

“Bukan hanya angker, jalanan gelap rawan kejahatan, seperti begal dan lainnya. Saya harapkan agar Dinas Perhubungan melalui bidang PJU, melakukan pemasangan lampu penerang di sepanjang jalan ini,” tukasnya.

**dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles