Sumber Air Bersih Warga Sukajadi Tercemar

0
Mata air bersih tercemar dampak adanya proyek wisata.

   

JURNAL INSPIRASI – Mata air Kalimati yang menjadi sumber penghidupan bagi warga Tamansari, Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, tidak bisa digunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, mata air bersih ini telah tercemar oleh dampak adanya proyek wisata di lokasi setempat. Sehingga, airnya pun berubah warna jadi kecoklatan dan banyak lumpur.

“Iya sumber air bersih milik warga sekarang tidak bisa digunakan lagi, karena isinya lumpur semua dan berwarna kecoklatan, bahkan di tempat penampungan juga sama kondisinya seperti itu, coklat dan banyak lumpur,” kata salah satu warga sekitar, Darmawan kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

BACA JUGA: Sedang Jaga Sawah, Petani Dibacok Orang tak Dikenal 

Ia menerangkan, warga yang paling terdampak berada diwilayah RW 05. Padahal, di RW ini ada sekitar 250 KK yang bergantung pada sumber mata air di Kalimati tersebut.

“Tapi saat ini air sudah tercemar, sehingga tidak mungkin bisa digunakan lagi untuk keperluan sebagaimana biasa warga lakukan,” ucapnya.        

Hal ini pun dibenarkan Kepala Desa Sukajadi, Ade. Menurutnya, saat ini kondisi air warga penuh dengan lumpur akibat dampak dari adanya pembangunan proyek tempat wisata serta alat berat di sekitar lokasi proyek tersebut.

BACA JUGA: Spanduk Larangan Diabaikan, Lahan Jembatan Cimande Jadi TPS

“Ditambah lagi dengan cuaca sekarang yang sering hujan, sehingga membuat air bener-bener berisi lumpur dan kotor. Imbasnya, sekarang warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” kata Ade.

Akibat kondisi tersebut, lanjut Ade, membuat warga geram bahkan berencana akan melakukan unjuk rasa ke lokasi proyek pembangunan tempat wisata ini.     

“Ya memang warga sempat akan menggruduk ke lokasi proyek, karena mereka merasa kena dampak, terlebih membuat sumber air bersih warga menjadi tercemar,” jelasnya.

**deny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here