32.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

UPT Insfrastruktur Irigasi: Bendungan Cikasungka III Dibangun Tahun Ini

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Insfrastruktur Irigasi Kelas A Wilayah V Jasinga Handri Sukmawijayaguna menyatakan bahwa bendungan Cikasungka III akan dibangun perbaikan pada 2021, bukan bendungan Cikasungka 1 seperti disebutkan sebelumnya. Bendungan Cikasungka III berada di wilayah Desa Wargajaya dengan areal sawahnya seluas 32 hektare.

“Bendungan Cikasungka III tahun ini akan dilaksanakan kegiatannya,” kata Handri melalui WhatsAppnya, Selasa (2/3).

Sebelumnya, warga sekitar Usep Saepudin mengatakan, bendungan yang biasa disebut bendungan Kirah Amim tersebut terbilang lama. Dibangun pada tahun 1981 bertepatan  adanya  pembangunan kantor desa pertama yakni Desa Wargajaya yang pemekaran dari Desa Cigudeg.  “Karena sudah lapuk, kini bendungan itu telah mengalami kerusakan sepanjang 10 meter,” kata Usep.

Menurutnya, dari awal dibangun, bendungan belum pernah diperbaiki, namun sesekali dilakukan perawatan biasa. Bendungan yang berasal dari daerah aliran sungai (Das) Cikasungka pemanfaatannya untuk  mengairi pesawahan di wilayah 2 dusun  yaitu Kampung Cianger dengan Kampung Pasirangin.

“Hamparan sawah  Blok Ladu yang berlokasi di dua kampung itu, pasokan airnya dari bendungan Cikasungka III ini,” ujar Usep.

Ia menyebutkan, memang kondisi ini  saluran air dari bendungan tersebut masih bisa dimanfaakan oleh sejumlah petani yang biasa menanam padi. “Tidak menutup kemungkinan kalau lama dibiarkan dan tidak segera dibangun, bendungan tua itu sewaktu waktu akan ambruk karena dilimpas derasnya air,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles