Dinkes Rapid Test Antigen Gratis untuk Korban Banjir

0
19

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Upaya agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Virus Corona atau Covid-19 pascabencana banjir di wilayah Timur tepatnya di Perumahan Grand Mekarsari Residance, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, dr. Harry Triono Hartadi selaku Kepala Puskesmas Desa Pasirangin melakukan Rapid Test Antigen secara gratis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupetan Bogor yang pelaksanaannya melalui petugas medis Puskemas Pasirangin.

“Rapid Test Antigen ini diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Puskesmas Pasir Angin sebagai pelaksananya,” ujarnya, kemarin.

Kegiatan ini untuk upaya pengecekan kesehatan warga pascabanjir di Perumahan Grand Mekarsari Residance. Pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Pasirangin bukan hanya saat banjir namun juga pascabanjir. “Untuk tetap memastikan apakah ada penyakit yang timbul pascabanjir atau tidak,” jelas Harry.

Menurutnya, terobosan yang diambil dalam rangka masa PPKM dan masih mewabahnya Covid-19 sehingga perlu cek Rapid Diagnostis Antigen secara gratis kepada warga yang terdampak banjir. Pihaknya memastikan agar tidak tercipta klaster baru, karena adanya kerumunan disaat banjir seperti saat pengambilan makanan dan masak di dapur umum ataupun di pengungsian. Upaya ini juga dilakukan untuk mendapat sampling dan memastikan tidak adanya klaster baru Covid pascabanjir.

“Warga yang ikut Test Rapid Antigen ini sebanyak dua puluh orang,” jelasnya.

Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here