Aksi Kemanusiaan, Kantor Kecamatan Ciawi Penuh Darah

0

Ciawi | Jurnal Inspirasi

Kantor Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor dipenuhi darah. Sebab, jajaran Forum Komunikasi Pimimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ciawi, bekerjasama dengan UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, melaksanakan aksi donor darah di halaman kantor Kecamatan Ciawi, Rabu (20/1).

Camat Ciawi, Adi Henryana mengatakan, kegiatan donor darah ini dalam rangka aksi kemanusiaan yang dilaksanakan Forkopimcam, terdiri dari jajaran pemerintah kecamatan, Polsek dan Koramil Ciawi.  “Tujuannya kami ingin membantu warga yang membutuhkan darah. Dan juga membantu PMI Kabupaten Bogor terkait stok darah,” ungkapnya kepada wartawan.

Untuk pendonor, kata Adi, dari semua unsur, mulai dari pegawai kecamatan, anggota Polsek dan Koramil, pemerintahan desa, TP PKK, Karang Taruna maupun pelaku UKM di wilayah Ciawi. “Semua ikut dilibatkan agar mendonorkan darahnya,” paparnya.

Menurutnya, target dari kegiatan donor darahnya, sebanyak 60 kantong sesuai dengan jumlah peserta yang sudah mendaftar. Namun, dari jumlah warga yang sudah mendaftar, hanya sebagian yang bisa dilakukan donor darah. “Sebelum di ambil darahnya, terlebih dulu warga dilakukan pengecekan, mulai dari suhu badan dan lainnya,” ujar Camat Ciawi

Adi berharap, melalui kegiatan ini bisa menolong warga yang membutuhkan transfusi darah. Sehingga, warga tidak lagi kesulitan darah saat membutuhkan. “Saya ucapkan terima kasih kepada warga dan semua unsur yang sudah terlibat dalam aksi kemanusiaan ini,” imbuhnya.

Sementara, Kapolsek Ciawi, Kompol Bambang S mengungkapkan, semua anggota Polsek Ciawi sudah disosialisasikan agar mengikuti kegiatan donor darah ini.  “Kegiatan kemanusiaan ini sangat bagus dan harus didukung semua pihak. Makanya anggota saya juga banyak yang ikut donor,” tegasnya.

Kemal Firdaus, staf UTD PMI Kabupaten Bogor bidang IT menjelaskan, dari jumlah pendaftar 60 orang, yang bisa dilakukan pengambilan darah hanya separuhnya.  “Jadi darah yang terkumpul hanya 32 kantong sesuai dengan jumlah warga,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here