Desa di Rancabungur Dilatih Peraturan Desa Soal Covid

0
62

Bogor | Jurnal Inspirasi

Bekerjasama dengan desa se-Kecamatan Rancabungur, Tim Pengabdi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menggelar pelatihan perencanaan peraturan desa tentang penanggulangan Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Bantarsari Lukmanul Hakim menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan pemerintah desa mengenai teknis perancangan peraturan desa, baik dari sisi UU yang sudah ditetapkan maupun yang diberlakukan.

“Kemudian ditambah lagi Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19, dan untuk dapat menangani wabah ini secara maksimal dibutuhkan kepastian hukum yang diatur melalui peraturan desa,” katanya.

Adapun, kata Lukman, kegiatan ini dihadiri oleh 24 orang yang terdiri dari perangkat Desa Bantarsari, Bantarjaya, Candali, dan Desa Cimulang. Beberapa perangkat desa tersebut terdiri dari kepala desa, pegawai desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Alhamdulilah, pelaksanaan pelatihan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan menarik dan interaktif,” jelasnya.

Para peserta, lanjut Lukman, dalam kegiatan ini juga terlihat sangat antusias. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Para peserta juga tak segan menceritakan permasalahan desa mengenai perancangan peraturan desa dan juga penanganan covid-19 di desa masing-masing.

“Antusiasme ini diharapkan juga dapat menyebar ke desa lainnya di seluruh Indonesia. Hal ini mengingat pentingnya keberadaan peraturan desa dalam rangka menciptakan kepastian hukum dalam tatanan masyarakat desa,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here