26.9 C
Bogor
Monday, September 30, 2024

Buy now

spot_img

Sendi-Melli Dukung Penuh Festival Dongdang

jurnalinspirasi.co.id – Pasangan calon wali Kota Bogor dan wakil wali Kota Bogor Sendi Fardiansyah dan Melli Darsa (Sendi-Melli) berkomitmen terhadap eksistensi kearifan budaya lokal Sunda.

Selain bertujuan untuk menjaga kelestarian budaya lokal kesundaan, berbagai festival budaya juga diharapkan bisa mendatangkan nilai ekonomi bagi warga.

Salah satu festival budaya Sunda yang ingin dilestarikan oleh Sendi Melli yakni Festival Dongdang.

Sendi Melli pun berkomitmen bahwa berbagai kegiatan yang berkaitan dengan nilai-nilai dan filosofi Sunda, seperti Festival Dongdang, akan terus dijaga.

Selain sebagai bentuk rasa syukur atas berkah yang Maha Kuasa, Festival Dongdang diyakini meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian warga.

Menurut Calon Wali Kota Bogor Sendi Fardiansyah, Bogor harus tetap menjadi Panjaga Nilai-Nilai dan Filosofi Sunda atau The Guardian of Sundanese Values dan Philosophy.

Ditunjukan salah satunya dalam bentuk menjaga dan menghidupkan tradisi budaya Sunda seperti Festival Dongdang.

Festival Dongdang mengandung nilai yang tinggi yaitu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah lewat hasil panen bumi, berupa makanan dan sayuran atau buah-buahan.

Warga mengarak hasil bumi itu untuk dibagikan ke warga setempat.

Sendi Fardiansyah mengaku bakal terus menghidupkan tradisi dan budaya Sunda seperti Festival Dongdang karena punya nilai dan filosofi luhur.

“Sebagai rasa syukur, juga menciptakan rasa kebersamaan antar warga, membentuk kerjasama tim yang baik dan menumbuhkan kreativitas,” kata dia kepada awak media, Senin 30 September 2024.

Sendi Melli bahkan dengan tegas ingin Festival Dongdang dikenal secara nasional bahkan bisa mendunia.

Sehingga bisa mendatangkan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatkan nilai ekonomis bagi warga Bogor.

“Kita akan buat Festival Dongdang menasional bahkan mendunia. Sehingga bisa memberikan nilai ekonimis dan meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata dia.

Dalam Festival Dongdang dengan warga Loji, Kota Bogor, belum lama ini, Sendi Fardiansyah larut bersama ribuan warga yang mengikuti Festival Dongdang.

** Fredy Kristianto

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles