27 C
Bogor
Thursday, September 19, 2024

Buy now

spot_img

Rayakan HUT ke 40 Tahun: Kerjasama dan Persahabatan Antara Karibia Perancis Indonesia

Jurnal Bogor – Kerjasama dan Persahabatan antara karibia perancis dan Indonesia. Pada tahun 1984 Pierre lombion menyelesaikan tugas kerjasamanya di Indonesia.

Tugas ini dalam rangka program penelitian tentang agroforestri traditional di daerah Jawa dan Sumatra, di bawah arahan ilmiah Professor Francis Halle dari
laboratorium botani tropik di Universitas Sains Montpellier dan Lembaga Ilmu Penghetahuan Indonesia(LIPI).

Pierre Lombion yang berasal dari Karibia mengikuti program ini sebagai ahli agronomi di 2 wilayah, yakni  Jawa barat dan Sumatra Barat.

Dalam kegiatannya, Pierre Lombion mampu mengembangan kemitraan dan aksi pertukaran dengan IPB dan Kebun Raya di kota Bogor, Lembaga Hortikultura di Pasar minggu. Dari pengalamanya di indonesia, Pierre Lombion dapat berbagi hasil yang signifikan dengan INRA dan CIRAD international di Perancis dan para Petani di Negara HAITI di Karibia.

Tahun 1984, Sebelum berangkat dari indonesia, Pierre Lombion membangun rumah cuci dan pemandian umum untuk masyarakat Kampung Cibitung RT 02/02, Desa Nagrak, Kecamatan Sukaraja, untuk mengenang 6 bulan tinggalnya di Kampung tersebut demi keperluan penelitianya.

Pierre Lombion beserta istri dan kedua anaknya  berkunjung kembali ke Kampung Cibitung untuk merayakan 40 tahun kerjasama dan Persahabatan antara wilayahnya dan Indonesia.

“Jadi sekarang tahun ini, 40 tahun saya tinggalkan Kampung Cibitung, dan saat ini saya datang lagi memang untuk merayakan aktivitas pelestarian lingkungan di Kampung Cibitung
Ini,” ujar Pierre Lombion, Sabtu (11/5/2024).

Menurutnya, sekarang masuk dalam suatu era ekologi dan pelestarian alam memang penting, semua di dunia bicara pengolahan sampah, jadi opini saya, ini tidak boleh telat atau lambat dalam masalah itu.

Di dunia sekarang tujuannya untuk tahun 2030, kata dia, harus semua dalam pembangunan mewujudkan masalah pengolahan sampah. Sampah sekarang termasuk potensi. Dan disini ada unit pengolahan sampah plastik dan organik.

“Kampung Cibitung harapan saya, harus maju dalam rangka mengatasi masalah lingkungan hidup demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pierre Lombion sebagai Manager PT Point Bleu Soleil  bergerak di bidang ekowisata,wetlenad restauration, dan pendidikan lingkungan hidup dan ketua lembaga botani guadeloupe.

Sementara itu Ketua RT 02 Yusup, mengucapkan terima kasih kepada Pak Pierre Lombion, yang telah berkunjung kembali ke Kampung Cibitung.

“Ia berharap banyak orang yang peduli terhadap sosial seperti pak Pierre ini, membangun tempat sarana umum, mungkin bukan hanya di desa Nagrak saja, tapi di desa-desa lain,” tandasnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles