33.7 C
Bogor
Tuesday, April 30, 2024

Buy now

spot_img

Komunitas Tapos Satu Edukasi Remaja Pelatihan Hidroponik

Tenjolaya | Jurnal Bogor 

Komunitas Tapos Satu, Tenjolaya, Kabupaten Bogor menggandeng puluhan remaja melakukan pelatihan pertanian media hidroponik.

Kegiatan yang digelar di saung taman baca, Kampung Cibalay, Tenjolaya, Minggu (19/03/2023) itu agar remaja-remaja dapat skill cara bertani menggunakan media hidroponik atau media lainnya tanpa menggunakan lahan atau kebun. 

“Targetnya sendiri kedepannya para remaja ini dapat membentuk taruna tani, sehingga pencapaian output dari pelatihan ini dapat terukur dengan keberhasilan yang terukur,” kata salah satu educator Martin. 

Jadi kata Martin, pelatihan pertanian untuk remaja bukan hanya dilakukan di satu wilayah dan bekerja sama dengan penyuluh pertanian.

“Kita melakukan di beberapa wilayah dengan bekerja sama dengan penyuluh pertanian sehingga penyampaian materi atau pendampingan dalam praktik cara bertani bagi remaja hasilnya bisa maksimal,” ucap Martin.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Milenial Indonesia (FMI) Muhamad Janwar mengapresiasi hal tersebut. Sebab, program seperti itu bagian membidik dan menyiapkan generasi milenial ikut ambil dalam membangkitkan kembali anak muda terjun pada pertanian. 

“Saat ini sudah mulai jarang sekali terlihat kaum milenial untuk mau berkiprah dan meneruskan dalam ranah pertanian. Untuk itu tempat ini bagian dari laboratorium mereka untuk bisa melihat kembali,” paparnya.

Dia berharap, hal seperti ini harus dikembangkan di wilayah Bogor barat, terlebih minat generasi muda saat ini semakin berkurang pada sektor pertanian.

“Pada dasarnya wilayah Bogor barat tak lepas dari pertanian dan sudah seharusnya dikembangkan serta dimanfaatkan sesuai dengan perkembangan zaman era digital saat ini,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles