31.5 C
Bogor
Friday, October 25, 2024

Buy now

spot_img

Bogor Hejo, Program Sendi-Melli untuk Genjot Kunjungan Wisatawan di Kota Bogor

jurnalinspirasi.co.id – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor nomor urut satu, Sendi Fardiansyah dan Melli Darsa, memperkenalkan program unggulan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Bogor. Dengan tren kenaikan wisatawan yang sudah terlihat sejak 2022, pasangan ini bertekad membawa pariwisata Kota Bogor ke level yang lebih tinggi melalui pengembangan infrastruktur, promosi digital, dan event tematik.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Bogor, kunjungan wisatawan pada 2023 mencapai lebih dari 5,5 juta wisatawan domestik dan mulai pulihnya kunjungan wisatawan mancanegara.

Melihat potensi ini, Sendi-Melli meluncurkan program “Bogor Hejo”, yang menargetkan wisatawan lokal dan internasional melalui pengembangan wisata alam, kuliner, dan infrastruktur pendukung.

“Wisatawan sekarang tidak hanya mencari tempat yang indah, tetapi juga ingin belajar dan berkontribusi pada lingkungan. Kami ingin memanfaatkan potensi alam Kota Bogor untuk menyediakan pengalaman wisata yang lebih berkesan dan berkelanjutan,” papar Sendi.

Sendi-Melli juga berencana untuk meningkatkan aksesibilitas dan infrastruktur di destinasi wisata utama. Salah satu prioritas mereka adalah membangun transportasi publik khusus wisata yang terintegrasi dengan titik-titik wisata populer.

“Kita perlu memastikan bahwa wisatawan tidak hanya datang, tetapi juga bisa menikmati kota dengan nyaman. Transportasi wisata yang ramah lingkungan dan terintegrasi akan menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas kunjungan,” lanjut pria kelahiran Kota Bogor tersebut.

Sendi juga berjanji akan memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan keindahan alam, budaya, dan kuliner Kota Bogor ke pasar nasional dan internasional. Melalui kolaborasi dengan influencer dan platform wisata, kampanye ini diharapkan dapat menjangkau jutaan wisatawan potensial.

“Dengan digitalisasi yang semakin kuat, kami akan memanfaatkan media sosial untuk menarik lebih banyak wisatawan, terutama mereka yang mencari destinasi ramah lingkungan dan kaya akan pengalaman budaya,” paparnya.

Tak hanya itu, Sendi, juga mengusulkan pengadaan event wisata tematik dan festival kuliner yang diadakan secara berkala. Festival ini akan menampilkan kekayaan kuliner lokal, seperti Soto Bogor, Asinan Bogor, dan Talas Bogor, serta menghadirkan atraksi budaya dan hiburan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Festival-festival ini diharapkan bisa meningkatkan durasi kunjungan wisatawan dan memperkuat sektor UMKM di Kota Bogor.

“Dengan festival yang rutin, wisatawan akan tertarik untuk datang berulang kali dan menikmati ragam kuliner khas serta kekayaan budaya Kota Bogor. Ini juga akan membuka peluang besar bagi UMKM lokal untuk berkembang,” pungkas Sendi.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan hingga 10 juta pengunjung dalam lima tahun mendatang, sekaligus meningkatkan lama tinggal wisatawan dan mendongkrak ekonomi lokal melalui sinergi antara pariwisata dan UMKM.

** Fredy Kristianto

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles