Home News Ratusan Siswa-Siswi PKBM Bakti Nusa Ikuti Training Camp 2024

Ratusan Siswa-Siswi PKBM Bakti Nusa Ikuti Training Camp 2024

Tamansari | Jurnal Bogor – Bumi Perkemahan Sukamantri Tamansari Kabupaten Bogor menjadi lokasi terpilih kegiatan Training Camp Volume 2 Sekolah Gratis Bakti Nusa yang berlokasi di Jalan Purbajaya Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang digelar pada 19 – 20 Oktober 2024 memperingati Hari Sumpah Pemuda, tahun ini melibatkan 500 peserta didik. Acara yang rutin diadakan oleh Bakti Nusa ini menunjukan peningkatan jumlah peserta dari 350 peserta pada volume 1 tahun 2023 lalu.

“Saya bangga menjadi bagian dari perjuangan Bakti Nusa dan akan terus mendukung program sekolah ini yang memfasilitasi pendidikan anak anak putus sekolah sejak didirikan 2021 lalu,” ujar Bagus Hariyanto Tenaga Ahli Menteri Divisi Media Asistensi Kementrian Lingkungan Hidup, Minggu (20/10).

Turut hadir bersama saya darı Kementerian KLHK RI Pak Ronni Staf Ahli Madya Direktorat Jendral Penanganan Sampah & Limbah, Pak Dudi Mulyadi Kasi Wilayah 2 dan Pak Ughur Gursala Kepala Resort TNGSH serta ketua komunitas peduli sampah.

Kegiatan Training Camp diwarnai oleh beragam aktivas diantaranya: Upacara Bendera, Marching Band, Baris berbaris, Pengenalan aksi menjaga lingkungan hidup.

Kepala satuan pendidikn non formal PKBM Bakti Nusa Muhammad Afhan, berharap agar anak anak dapat termotivasi untuk lebih giat dalam menimba ilmu dan membawa pulang life skill juga menjadi ambasador pengolahan sampah dan pentingnya menjaga alam yang diajarkanpada saat training camp serta membentuk karakter pelajar Pancasila sesuai Kurikulum Merdeka.

Turut hadir memberikan penyuluhan tentang kesehatan dari puskesmas Tamansari, Maesaroh yang memberikan pengarahan tentang pentingnya menjaga kesehatan diri untuk pennggulangan penyakit menular.

Siswi Paket C Kelas 12 PKBM Bakti Nusa Nelly Puspasari yang juga penulis dan pembaca puisi perjuangan turut berkomentar. “Kegiatannya seru, belajar di alam seperti ini jauh lebih menarik, kita belajar masak, gotong royong bersihkan sampah, saling bantu antar teman-teman dalam menyelesaikan project juga dapat hadiah piala, semoga ada lagi kegiatan seperti ini dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Fun Outdoor Team Building yang dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al Quran dan Pentas Seni saat api unggun, beberapa kegiatan diantaranya, Tari Jegger Bali, Tarian Nusantara, Tari Jaipong, Tarian Saman, Puisi Perjuangan, Singing Competition, Senam Pagi Fashion Show, Master Chef Competition (Lomba Memasak) diakhiri oleh Operasi Semut (Aksi Bersih Taman National)

“Ucapan terima kasih atas dukungan Direktorat Jendral Penanganan Sampah dan Limbah KLHK juga para pejabat Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Apresiasi khusus untuk Mas Bagus Hariyanto Tenaga Ahli Menteri KLHK Yang sejak awal dimulai misi PKBM ini untuk memberikan solusi pendidikan gratis bagi anak anak putus sekolah sejak 3 tahun lalu hingga kini selalu mensupport,” kata Agung Udiyanto, Pembina Yayasan SDM Unggul, payung dari Program Sekolah Gratis PKBM Bakti Nusa. Yudi

Exit mobile version