Home News Jelang Pilkada Serentak, Puluhan Satlinmas Tamansari Ikuti Apel dan Bimtek

Jelang Pilkada Serentak, Puluhan Satlinmas Tamansari Ikuti Apel dan Bimtek

Tamansari | Jurnal Bogor – Menjelang pilkada serentak pada 27 November 2024 puluhan Sat linmas dan Pol-PP Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor menggelar Apel dan Bimbingan Teknis kesiapan Pilkada, pada Senin pagi (14/10).

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Tamansari Loli hidayat mengatakan, bahwa apel sekaligus Bimtek dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait menjaga kondusifitas di wilayah saat Pilkada.

“Ada 80 anggota linmas yang di kumpulkan dan di apelkan terkait kesiap siagaan dalam menghadapi pengamanan di pilkada,” ujarnya.

Kendatipun, Pilkada 27 November 2024 mendatang Kabupaten Bogor menargetkan 85% Pemilih dan di Kecamatan Tamansari Khususnya 90% pemilih.

“Linmas merupakan ujung tombak dari Pol-PP Kabupaten Bogor yang bertugas di wilayah untuk selalu menjaga kondusifitas yang diharapkan Linmas selalu berkoordinasi dengan, PPK, Panwas, Pol-PP, Polsek dan Koramil saat bertugas di wilayah masing-masing,” kata Kasat Pol PP Kecamatan Tamansari,” Loli Hidayat, Selasa (15/10).

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Tamansari, Ahmad Permana menjelaskan, kegiatan apel sekaligus Bimtek di prakarsai oleh Pol-PP Kecamatan Tamansari,

“Kami diminta menjadi narasumber di kegiatan apel untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap linmas terkait pengamanan di TPS,” terangnya.

Lanjut Ahmad, Linmas merupakan garda terdepan dalam pengamanan tingkat desa dalam pelaksanaan Pilkada mendatang dan kegiatan ini sangat penting di laksanakan.

“Bimtek ini penting, karena linmas akan mengawal dan mengamankan datangnya kotak suara dari PPK hingga TPS maupun sebaliknya,” sambungnya.

Menurutnya perekrutan pengamanan linmas TPS sudah berjalan sampai tanggal 5 November 2024 dan di tanggal 7 November akan diberikan SK oleh kepala Desa dan di laporkan ke KPU kemudian di Lantik berbarengan dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Tapi Linmas desa tidak dimasukkan kedalam linmas TPS, untuk linmas TPS ada perekrutan yang nantinya di tiap-tiap TPS di tugaskan 2 orang linmas,” tutup Ahmad. Yudi

Exit mobile version