28.4 C
Bogor
Thursday, May 23, 2024

Buy now

spot_img

Ponpes Nurul Iman Parung Bogor: Sebuah Fenomenal Kejayaan Dakwah Islam

JURNAL Inspirasi – Alhamdulillah
Saya bersama istri bisa berkunjung dan hadir dalam acara Sosialisasi Program DPP Perempuan ICMI di Ponpes Al Insyiriyah Nurul Iman Parung Kabupaten Bogor. Gelar acaranya talkshow yang bertemakan “Dengan Aklaqul Karimah Menciptakan Manusia Unggul”.  Mereka yang diundang sebagai Narsum, manusia tokoh hebat yang kompeten di bidangnya, mereka adalah:
1. Prof.Dr.Arif Satria SP.MSi
2. Prof.Dr.Amany Lubis Lc.MA
3. Drs. Welya Safitri.MSi, dan
4. Dr.Umi Waheeda.S.Psi.MSi

Acara Talkshow bertempat di Masjid Toha, Ponpes Al Insyriyah Nurul.Iman Parung Bogor, yang sekaligus forum sosialisasi program pemberdayaan sosial DPP Perempuan ICMI.

Forum sosialisasi dan.acara Talkshow dihadiri ribuan orang para santri (SD, SMP, SMA dan STIA) Ponpes Nurul Iman yang memenuhi ruang masjid yang besar tersebut.

Menurut informasi jumlah populasi lk 15.000 orang santri yang menuntut ilmu-pengetahuan umum dan agama Islam di ponpes tersebut,  yang dipimpin.oleh seorang ibu yg sholehah yg cantik dan gigih berhati mulia, bernama Dr.Umi.Waheedah S.Psi.MSi.(56 thn)

Ponpes Nurul Iman areal pendidikan agama dan umum-ipteks yang sangat luas yakni sekitar 37 ha, yang terdiri dari 26 ha untuk sarana pendidikan dan sisanya 11 ha untuk pengembangan usaha pertanian, perikanan dan perikanan dll sebagai usaha untuk memperoleh “income generating” untuk membiayai program dan kegiatan pendidikan dan dakwah Islamiyah.

Ponpes Nurul Iman, Parung berdiri pada tahun 1998, yang dirintis dan didirikan Abah Habib Assegaf, wafat thn 2021, dan kini dilanjutkan pengelolaannya oleh istrinya almarhum Dr.Umi Waheedah. Alhamdulillah saya lihat sarana pendidikan ponpes modern Nurul Iman Parung Bogor, berkembang pesat dengan populasi santri yang sangat besar, saat ini santri (santriwan dan santriwati) sebanyak 15 ribu orang, yang santri dari seluruh Indonesia.

Mengikuti pendidikan di ponpes Nurul Iman, bebas biaya (gratis). Luar biasa kemampuan manajerial pendidikan Ponpes ini, membebaslan biaya. Solusimya ponpes ini memiliki usaha mandiri, ada 15 cabang usaha agribisnis ponpes ini. Pengelolaan Ponpes Nurul Iman di Parung merupakan sebuah fenemonal dakwah Islam yang berkemajuan dan berperadaban, benar-benar Al Quran dan Assunah Rasullulullah Muhammad SAW, mereka secara berjemaah, mengamalkan dengan baik dan istiqomah, alias tidak diselewengkan.

Karena memang, faktanya di lingkungan sosial, ada diantaranya banyak lembaga pendidikan yg menggunakan simbol-simbol kemuliaan Islam (ayat-ayat Quran dan Assunnah). Akan tetapi kenyataannya, jujur kita berkata banyak disalahgunakan atau diselewengkan (abuse of power) oleh mereka oknum yang “berkuasa”, bukan untuk kepentingan sosial (nirlaba) dan dakwah Islamiyah, akan tetapi “nauzubillslahi minzaliq” untuk memperkaya pribadi dan keluarganya (nepotistik dan membangun dinasti), dengan pola pengelolaan pendidikan bertameng dan berkedok “Yayasan sosial/nirlaba” dgn gusture dan life style yang hedon, arogan, otoriter dan eksploitatif-kapitalistik.

Menurut info dari Dr.Umi Waheedah, pada thn 1998 pernah menerima santri dari luar negeri yakni Singapura, Malaysia dan Turky, kemudian sejak 2-3 tahun Ponpes Nurul Iman Parung Bogor tidak lagi menerima lagi santri dari negara lain.

Kata Dr.Umi Waheedah mereka ingin fokus mendidik generasi muda Islam Indonesia, yang fuqoro masakin dari kalangan anak yatim, berasal dari berbagai etnis di Indonesia, sedangkan untuk mengembangkan pendidikan dan dakwah Islamiyah ke luar negeri, mereka para ustadz dan ustazah Ponpes Nurul Iman, yang pergi ke negara-negara lain yang mengundangnya untuk bertausyiah. Biasanya jika berdakwah ke negara lain, langsung dipimpin oleh Dr.Umi Waheedah, yang dulunya berasal muslimah dari negara jiran Singapura (lulusan S3 Psikologi UI)

Demikian catatan berkunjung ke Ponpes Al Insyiriyyah Nurul Iman Parung Bogor. Senang sekali berkunjung ke ponpes ini, bertemu ibu Dr.Umi Waheedah yang cerdas dan ramah.

Sukses dan berbahagia selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT. Aamiin
Syukron barakallah
Wassalam

====✅✅✅

Dr.Ir.H.Apendi Arsyad, M.Si
(Pendiri dan Wasek Wankar ICMI merangkap Ketua Wanhat MPW ICMI Bogor, Pendiri dan Dosen Senior Universitas Djuanda Bogor, Konsultan, Pegiat, Pengamat dan Kritikus Sosial melalui tulisannya dimuat di media sosial)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles