27.3 C
Bogor
Saturday, July 20, 2024

Buy now

spot_img

Bumdes Sinar Sejahtera Desa Sinargalih Kelola Usaha Jaringan Internet

JURNAL Inspirasi – Dalam meningkatkan perekonomian dan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemdes Sirnagalih, Tamansari, Kabupaten Bogor, mengelola bidang usaha jaringan internet melalui Bumdes Sinar Sejahtera.

Kepala Desa Sirnagalih Amat Suparta menjelaskan, usaha ini adanya revitalisasi perubahan, dan terbentuk kepengurusan Bumdes, kemudian masuk dalam perencanaan program kegiatan Bumdes itu sendiri.

“Dimana disepakati, mensikapi kondisi di wilayah bahwa saat ini Bumdes memiliki sebuah program kerja yaitu kaitan masalah jaringan internet,” ujar Amat, Senin (22/4/2024).

Menurutnya, jaringan internet merupakan kebutuhan masyarakat, sehingga kita bisa memfasilitasi dari Bumdes bergerak di bidang usaha jaringan internet.

Bumdes kata dia bekerjasama dengan salah satu provider yang sebagai tenaga teknis dan juga penyedia jaringan.

“Nah, proses pemasangan jaringan di awali pada bulan Fgebruari 2024, sehingga kita melakukan pemasangan. Hinga saat ini sudah mulai banyak konsumen yang mendaftar sekitar 200 pelanggan,” kata Amat.

Sebetulnya kata Amat, sasaran target RT/RW semua masuk. Kalau kita bicara RT/RW hampir seratus lebih, termasuk mungkin masyarakat di masing masing RT ini bisa jadi pelanggan.

“Dengan bidang usaha Ini bisa menumbuhkan kembangkan di bidang usaha Bumdes Sinar Sejahtera Desa Sirnagalih,” jelasnya.

Pada intinya feedback ada Pendapatan Asli Desa (PAD) pengelola dari pada pengurus dan manfaat dirasakan oleh masyarakat.

“Saat ini jaringan internet hanya untuk warga Sirnagalih, karena memang kabel optik  baru sebatas di Sirnagalih dulu belum merambah ke wilayah lain,” ucapnya.

Kendati demikian, mungkin nanti ada peningkatan nilai usaha bisa juga di luar Desa Sirnagalih bekerjasama dengan desa yang lain .

Ia menjelaskan, masyarakat yang mau pasang jaringan internet cukup menyertai persyaratan KTP dan KK, lalu memilih kuota/Mbps sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan biaya daftar sudah free satu bulan, lalu bulan berikutnya  baru dikenakan tarif sesuai Mbps.

“Tentu Bumdes Sinar Sejahtera punya bidang usaha yang signifikan terus dikembangkan kedepan, dan masyarakat lebih mendapatkan kemudahan di era digitilasi saat ini, karena jaringan internet jadi kebutuhan kedua setalah kebutuhan yang lainnya,” tandasnya.

(yudi)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles