Home News 4 Kampung di Lemah Duhur Diterjang Angin Kencang dan Longsor

4 Kampung di Lemah Duhur Diterjang Angin Kencang dan Longsor

Kondisi longsor Lemah Duhur. (Foto: BPBD Kabupaten Bogor)

JURNAL Inspirasi – Tanah longsor hingga angin kencang melanda sejumlah wilayah di Desa Lemah Duhur, Caringin, Kabupaten Bogor. Sebanyak empat kampung terdampak bencana alam tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan, peristiwa itu terjadi usai hujan deras melanda wilayah tersebut pada Kamis, (18/4).

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan tanah longsor & pohon tumbang di beberapa titik pada wilayah tersebut hingga mengalami kerusakan,” ungkapnya, Sabtu (20/4/2024).

Untuk kejadian tanah longsor, kata dia, terjadi di Kampung Cimande Girang RT 02/04 dan RT 05/03. Sebanyak satu unit rumah milik warga terancam dan fasilitas umum berupa jalan lingkungan, serta sekolah madrasah terdampak longsor tersebut.

Sedangkan angin kencang terjadi di Kampung Cimande Girang RT 05/03, Kampung Tanjakan Saodah RT 05/04, dan Kampung Tajur Selawi.

“Sebanyak dua unit rumah rusak ringan, dan satu unit rumah rusak sedang akibat angin kencang di wilayah Desa Lemah Duhur, Caringin, ” terang Adam.

Hingga kini, lanjutnya, kerusakan pada masing-masing bangunan rumah belum diperbaiki. Sementara akses jalan warga yang tertutup material longsoran telah dibersihkan dan bisa dilalui.

“Untuk pohon tumbang yang menimpa rumah sudah berhasil dievakuasi oleh warga setempat,” tukasnya.

(yudi)

Exit mobile version