32.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Drainase di Puncak Tertutup Sampah, Air Hujan Meluap ke Jalan Raya

JURNAL Inspirasi – Beberapa waktu lalu dengan intensitas curah hujan mengakibatkan meluapnya air ke jalan raya puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Camat Cisarua Heri Risnandar mengatakan, bahwa Jalan Raya Puncak, tepatnya di depan pasar, yang baru-baru ini tergenang banjir, sudah beberapa kali direvitalisasi.

“Iya, banjir besar yang menggenangi jalan tersebut disebabkan oleh hujan deras, sehingga meluap akibat saluran drainase yang tertutup sampah,” ujar Camat, Rabu (17/4/2024).

Heri menjelaskan, meskipun sudah beberapa kali hujan deras tanpa banjir, kemungkinan meluapnya air ke jalan karena penumpukan sampah di saluran air sehingga tidak mampu menampung air besar.

“Kami mengimbau tidak hanya kepada pedagang di pasar, tetapi kepada semua pihak agar tidak membuang sampah sembarangan untuk menghindari luapan air. Oleh karena itu, kita melakukan upaya membersihkan drainase bersama muspika,” terangnya.

Kendati demikian, sudah hampir empat bulan sejak terakhir kali terjadi banjir hingga ke jalan, luapan banjir kali ini hingga mencapai lutut kaki.

Camat mengimbau baik pengunjung, pengendara, maupun warga untuk peduli menjaga kebersihan, terutama terkait sampah.

“Penanganan sampah tidak hanya tugas dinas terkait, tetapi tanggung jawab semua pihak, termasuk pengguna jalan, wisatawan, dan warga,” jelasnya.

Dengan demikian, pengunjung, wisatawan, pengelola vila, hingga penghuni rumah tinggal yang berada di dekat aliran sungai dihimbau untuk tidak membuang sampah.

Sementara itu, Kasi Trantib Pol PP Kecamatan Cisarua, Komarudin membenarkan banjir disebabkan oleh saluran drainase yang tersumbat

“Mulai besok Kamis 18 April akan digelar kerja bakti saluran got yang ditumpuki sampah dengan masyarakat Cisarua agar peristiwa banjir itu tidak terulang lagi,” harapnya.

(yudi)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles