32.2 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Diharapkan Miliki Integritas, Ratusan Calon Hakim Ikuti Pendidikan

JURNAL Inspirasi – Diklat kedua program pendidikan calon hakim PPCH terpadu angkatan keempat calon hakim peradilan umum, agama dan peradilan tata usaha negara dan angkatan kelima pendidikan militer tahun 2024-2025 digelar di Diklat Mahkamah Agung Corporate University Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (17/4/2024).

Diklat mengangkat tema “membentuk calon hakim cerdas berintegritas” yang diikuti ratusan calon hakim.

Ketua Mahkamah Agung RI Prof Dr. Muhammad Syarifuddin mengatakan, tahun ini ada tiga gelombang, gelombang pertama sudah berjalan kemarin dan sudah turun ke daerah dan sekarang gelombang kedua dan rencana lagi gelombang ketiga.

Ia berharap ini sebagai kawah candra dimuka, hakim mempunyai kemampuan yang mumpuni, mempunyai akhlak yang baik, terutama integritas semakin dipertahankan dan itu menjadi prioritas utama.

“Jadi saya tekankan supaya mereka menanamkan diri dengan dilandasi yang ikhlas bukan karena  keterpaksaan. Sehingga dia akan tumbuh kembang dalam dirinya menjadi kebiasaan dan dapat nilai ibadah itu harapan kita semua,” ucapnya.

Lanjut dia, diklat kedua digelar selama tiga pekan, mereka diberi pembekalan dan pelatihan bagaimana menjadi calon hakim yang cerdas dan berintegritas.

Sementara, Kepala Litbang Hukum dan Peradilan MA RI Bambang Heri Mulyono menambahkan, ada 1.460 calon hakim melakukan pendidikan dan latihan  menjadi hakim.

“Dan saat ini yang mengikuti pelatihan calon hakim ada 480 siswa,” ungkapnya.

(yudi)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles