27.3 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Jelang Akhir Ramadhan, Masjid Malikal Mulki Gelar Bukber Akbar Bersama Influencer Muda  Ustadz Taqy Malik

JURNAL Inspirasi – Masjid Malikal Mulki menggelar acara buka puasa bersama (bukber) akbar yang diselenggarakan dengan  penuh kehangatan, Sabtu (6/4/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan jamaah yang memenuhi ruang ibadah untuk berbuka puasa bersama-sama.

Yang membuat bukber kali ini semakin istimewa adalah kehadiran seorang pembina Masjid Malikal Mulki yakni, Ustadz Taqy Malik. Dikenal sebagai sosok yang memadukan kearifan lokal dengan pesan-pesan agama yang universal, Ustadz Taqy Malik mampu menarik perhatian kaum muda dengan pesan-pesannya yang inspiratif dan bersemangat serta lantunan ayat suci Al-Qur’annya dengan indah.

Acara bukber akbar ini tidak hanya sekedar berkumpul dan berbuka puasa bersama, tetapi ada kajian rutin juga menjadi ajang untuk bertukar cerita, pengalaman, serta mempererat tali silaturahmi antara jamaah dan tokoh muda yang hadir.

Ustadz Taqy Malik juga sekaligus pengisi acara bukber Akbar ini dengan tema “Menjelang Akhir Ramadhan”.  Pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan, serta bagaimana menjaga semangat beribadah hingga akhir Ramadhan atau bagaimana caranya menjemput malam Lailatul Qadar.

Dalam kajiannya Ustadz Taqy Malik menerangkan tentang surat Al-bayyinah ayat : 5 “wamaa umiruu Illa liya’budullaha mukhlishiina lahuddiinn”. Kata Mukhlis disini adalah orang ikhlas hati yang tulus. Karena niat adalah hal yang terpenting dalam melakukan amal Sholeh kita.

Sebagaimana hadits berikut : “Sesungguhnya Allah tidak melihat dari fisik dan harta kalian, melainkan Ia melihat dari hati dan amal kalian.” [HR. Bukhari]

Adapun cara melatih keikhlasan kita adalah dengan melakukan amal sholeh yang tidak diketahui oleh orang lain. Tetapi jika kita melakukan amal Sholeh yang ingin dipuji, dilihat serta diakui oleh orang lain maka itu adalah riya.” Tuturnya ustadz Taqy Malik

Salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh masjid Malikal Mulki ini adalah program i’tikaf bagi para jamaah yang ingin mendekatkan diri dengan Allah SWT di akhir  Ramadhan. Para jamaah akan ditempatkan di ruang ibadah masjid yang nyaman selama beberapa hari untuk ibadah intensif, melakukan dzikir dan membaca Al-Qur’an.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kepada jama’ah Masjid Malikal Mulki menyediakan takjil gratis, makan gratis setiap menjelang berbuka dan makan sahur gratis bagi jama’ah beri’tikaf yang disediakan dengan penuh kehangatan dan ketulusan hati.

“Kami sangat bersyukur atas kehadiran Ustadz Taqy Malik dalam acara bukber akbar kami kali ini telah memberikan inspirasi dan motivasi yang sangat berarti bagi kami semua, khususnya generasi muda, untuk tetap semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini,” ujar salah satu panitia acara.

Acara bukber akbar yang dihelat oleh Masjid Malikal Mulki ini menjadi sarana kebersamaan dalam beribadah dapat mempererat serta memberikan semangat dan inspirasi bagi jamaah, terutama generasi muda, untuk terus istiqomah dalam menjalankan ibadah di sepuluh hari terakhir Ramadhan ini.

(salma fauziah/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles