22.9 C
Bogor
Saturday, July 13, 2024

Buy now

spot_img

Kementan Gelar Uji Kompetensi Mutasi Alih Tugas Untuk PNS

JURNAL Inspirasi – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) baru saja melangsungkan uji kompetensi mutasi alih tugas ke Kementan bagi ASN non-Kementan.

Yusral Tahir

Hal ini merupakan wujud komitmen Kementan untuk mencetak SDM yang profesional dan berkualitas.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menekankan pentingnya ASN yang profesional.

“Jadilah ASN profesional yang memiliki kompetensi sesuai dengan profesi yang ditekuni, mempunyai pengetahuan, sikap, keterampilan, motivasi, dan atribut lain yang diperlukan agar dapat berhasil dalam pekerjaannya”, ujar Dedi.

Berdasarkan Permentan Nomor 279, BBPMKP memiliki tambahan kelompok unit kerja baru yaitu Kelompok Standardisasi dan Uji Kompetensi Kerja Jabatan. Tugas dan fungsi Kelompok Standardisasi dan Uji Kompetensi Kerja Jabatan adalah penyelenggaraan uji kompetensi dan penilaian kompetensi.

Kegiatan Uji Kompetensi Mutasi Alih Tugas ke Kementerian Pertanian Tahun 2024 merupakan kegiatan uji kompetensi yang rutin dilaksanakan oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan dalam rangka penilaian kompetensi para PNS dari luar Kementerian Pertanian yang mengajukan untuk mutasi alih tugas ke Kementerian Pertanian.

Perpindahan tugas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari satu Instansi ke Instansi lainnya atau perpindahan dalam Instansi baik di lingkup Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah merupakan bagian dari proses mutasi kepegawaian.

Kepala BBPMKP Yusral Tahir menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kompetensi dasar peserta mutasi alih tugas agar dalam pelaksanaan tugas nya nanti di Kementan dapat berkerja dengan baik.

“Aspek terpenting dari kegiatan ini bukan sekedar pemenuhan dokumen administrasi, melainkan memastikan yang bersangkutan memenuhi kompetensi dasar dan kelak akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.” ujar Yusral.

Uji Kompetensi Mutasi Alih Tugas ke Kementerian Pertanian Tahun 2024 dilaksanakan selama 1 hari pada Rabu tanggal 3 April 2024 bertempat di Komplek Mega Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Ciawi.

(bbpmkp)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles