24.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

Malaysia Gratiskan Semua Jalan Tol Untuk Mudik Lebaran

Jakarta | Jurnal Bogor
Jika di Indonesia memberikan tarif diskon saat arus mudik Lebaran 2024, negara tetangga Malaysia justru mengumumkan akan membebaskan atau menggratiskan seluruh jalan tol bagi kendaraan pribadi Kelas 1.
Keputusan ini akan berlaku di seluruh jaringan tol negara selama dua hari, yaitu pada tanggal 8 dan 9 April 2024. Kebijakan ini bertujuan untuk melancarkan arus mudik Lebaran tahun ini.
Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi, mengatakan bahwa program ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk membantu meringankan beban rakyat yang akan pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.
“Pemerintah memperkirakan sekitar 18 juta kendaraan akan menggunakan jalan tol selama periode mudik Lebaran tahun ini. Dengan membebaskan tarif tol, kami berharap dapat membantu mengurangi kemacetan dan mempercepat perjalanan pemudik,” kata Alexander Nanta Linggi dikutip suara.com pada Kamis (4/4/2024).
Program ini hanya berlaku untuk kendaraan pribadi Kelas 1, yaitu kendaraan dengan dua gandar dan empat roda. Kendaraan yang lebih besar, seperti truk dan bus, tidak termasuk dalam program ini.
Pemerintah Malaysia telah mengalokasikan dana sebesar 37,6 juta ringgit (sekitar Rp 126,3 miliar) untuk menutupi biaya program ini.
Kebijakan ini disambut baik oleh masyarakat Malaysia. Banyak yang berharap program ini dapat membantu mereka menghemat biaya perjalanan dan mempercepat waktu perjalanan mereka selama mudik Lebaran. Dedi R

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles