30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

Peresmian Masjid Agung Al Isra Kota Bogor: Tonggak Keagamaan dan Sosial yang Bersejarah

JURNAL Inspirasi – Warga Kota Bogor menyaksikan momen bersejarah dengan peresmian Masjid Agung Al Isra yang terletak di Alun Alun Kota Bogor, Kamis (28/3/2024).

Peresmian ini diadakan pada 17 Ramadhan 1445 H, yang juga bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran, sebuah kejadian penting dalam agama Islam.

Dalam ungkapan syukurnya, Wali Kota Bogor, Pak Bima Arya, menyampaikan, “Insya Allah masjid ini akan memberikan manfaat dan berkah bagi warga sekitar dan bagi warga kota bogor pada umumnya,” melalui akun Instagramnya.

Masjid megah ini mampu menampung hingga 5.000 jamaah sekaligus, dengan keunikan berupa menara pandang setinggi 51 meter yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan Kota Bogor dalam 360 derajat.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi dengan museum mini yang menampilkan sejarah Islam di Kota Bogor, memperkaya pengalaman spiritual dan sejarah bagi pengunjung.

Tak hanya menjadi tempat ibadah, Masjid Agung Al Isra juga dirancang sebagai pusat pemberdayaan umat, kegiatan sosial, dan peradaban. Sebuah jembatan dibangun untuk menghubungkan masjid ini dengan Pasar Kebon Kembang Blok F, memudahkan akses bagi jamaah yang ingin berbelanja sebelum atau sesudah ibadah.

Peresmian ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dan Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Profesor Arif Satria. Kehadiran mereka memperkuat komitmen terhadap pembangunan masjid yang menjadi simbol kebangkitan spiritual dan sosial bagi masyarakat Kota Bogor.

Dengan peresmian Masjid Agung Al Isra ini, diharapkan akan semakin memperkokoh ikatan keagamaan, sosial, dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan peradaban Kota Bogor ke arah yang lebih baik.

(fitri aulia lestari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles