26.6 C
Bogor
Sunday, April 21, 2024

Buy now

spot_img

Kementan Tingkatkan Profesionalisme ASN Melalui Pelatihan Kepemimpinan Pengawas

jurnalinspirasi.co.id – Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan profesionalisme Aparatur Sipil Negara, salah satunya melalui diklat dan pelatihan.

Sebanyak 35 Pejabat Pengawas mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang diselenggarakan Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP).

Pelatihan diadakan bertujuan membekali kompetensi jabatan pegawas agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya dengan lebih baik dan profesional sebagai seorang ASN.

Pelatihan resmi dibuka pada Senin (4/3/2024) di Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Ciawi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan dengan dicanangkannya Core Values “ASN BerAKHLAK” menuntut para ASN agar bekerja semaksimal mungkin.

“Untuk melaksanakan tugas ASN, perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga harus profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing”, kata Dedi.

PKP merupakan pelatihan yang berfokus mengembangkan kompetensi dan meningkatkan profesionalisme ASN yang diharapkan dapat memberikan kinerja yang tinggi serta profesional di bidangnya, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai dengan norma dan standar etika yang berlaku dan mempunyai komitmen terhadap mutu, dengan selalu mengedepankan integritas dan kualitas, efektifitas, efisiensi dan senantiasa melakukan inovasi serta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun.

Peserta PKP merupakan para pejabat pengawas dengan misi, agar mereka dapat menjamin terlaksananya akuntabilitas di instansinya yang ditunjukkan dengan kemampuan dalam memimpin pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai dibawahnya khususnya dalam memberikan pelayanan publik.

Kepala BBPMKP Yusral Tahir menyampaikan harapannya kepada para peserta agar setelah mengikuti pelatihan dapat menjadi pemimpin birokrasi masa depan yang lebih siap menghadapi perkembangan zaman. 

“Peserta diharapkan menjadi pemimpin birokrasi masa depan yang lebih siap guna memikul tanggung jawab yang lebih berat seiring dengan peningkatan intelektual ataupun emosional yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dan pengabdian agar lebih baik” kata Yusral.

Selain itu Yusral menambahkan, dengan mengikuti PKP ini peserta mampu menjadi pemimpin yang visioner, kreatif berkualitas dan mampu menjadi pionir bagi kemaslahatan masyarakat.

PKP Angkatan IX Tahun 2024 diikuti oleh 35 orang peserta yang berasal dari Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, BNPP, Bakamla, LKPP, dan Bapanas. Berlangsung dari tanggal 4 Maret s.d. 24 Juli 2024 mendatang secara hybrid (online dan offline).

(bbpmkp)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles