30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

Kemendikbudristek Ajak Generasi Muda Lestarikan Bahasa Daerah

jurnalinspirasi.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak generasi muda bersatu dalam menjaga bahasa ibu di era teknologi digital. Hal tersebut disampaikan oleh E. Aminudin Aziz sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek melalui webinar via online YouTube Kemendikbud RI, Kamis (29/02/2024).

“Kami bergerak dalam revitalisasi bahasa daerah ini dengan fokus generasi muda. Alasannya sederhana, karena bagaimana pun generasi muda ini adalah pemilik masa depan,” ujar E. Aminudin Aziz dikutip pada Jumat (01/03/2024).

Menurutnya, kelestarian bahasa ibu atau bahasa daerah tergantung dari pemikiran dan sikap para generasi muda.

“Pertama pemikirannya, lestari atau tidaknya bahasa daerah, itu akan sangat bergantung dari sikap generasi muda. Karena kalau misal mereka itu tetap menggunakan bahasa daerahnya, di samping bahasa nasional atau bahasa asingnya, itu pasti mereka akan turunkan ke generasi berikutnya,” tuturnya.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek juga menyampaikan bahwa generasi muda saat ini punya karakter yang berbeda dalam pemanfaatan media belajar. Hal tersebut dipicu oleh Covid-19, sehingga para pelajar dan guru dipaksa untuk menggunakan media-media digital.

“Maka yang kami dorong adalah penggunaan media digital seoptimal mungkin, seluas mungkin di dalam proses pembelajaran bahasa daerah juga,” jelasnya.

Meskipun terdapat dampak negatif dari teknologi digital, E. Aminudin Aziz beroptimis bahwa dengan penyampaian yang menyenangkan seperti adanya Stand Up Comedy dalam pembelajaran digital, belajar aksara dengan menyenangkan, belajar pidato bahasa daerah tersebut bisa menarik minat bagi generasi muda.

Selanjutnya, dampak dari era teknologi digital dalam pembelajaran terutama bahasa ibu di tahun 2023, bahwa terjadi peningkatan minat generasi muda dalam proses pembelajaran bahasa daerah, dan memberikan motivasi terhadap guru untuk menyampaikan pembelajaran digital yang menyenangkan.

“Tahun yang lalu 2023 pembelajar di seluruh Indonesia ya di 25 provinsi dengan para guru dengan masyarakat dan para pelatihnya gitu dan dari dinas-dinas pendidikan, tercatat ada lebih dari 5 juta orang yang berpartisipasi yang mayoritas adalah generasi muda,” jelas E. Aminudin Aziz.

“Nah ini adalah dampak dari penggunaan media digital di dalam proses pembelajaran yang ternyata sangat menyenangkan gitu. Serta menjadi sumber inspirasi baru gitu bagi para guru yang sangat beragam, juga mendorong penyediaan bahan-bahan pembelajaran melalui media digital ini dan ini yang sangat diminati oleh para generasi muda,” lanjutnya.

Selain itu, Akbar Ali selaku Pj. Wali Kota Parepare yang hadir dalam webinar tersebut menyampaikan bahwa peran pemerintah daerah sangat penting dan diperlukan untuk menjaga bahasa ibu, seperti diberlakukannya peraturan daerah.

“Ini berbagi upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Parepare dalam melestarikan bahasa daerah ada beberapa yaitu kami sudah membuat Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Salah satu isi yang termasuk dalam Perda tersebut adalah mewajibkan dalam sehari dalam sepekan setiap hari Kamis berbahasa daerah dan memakai baju khas daerah baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan kerja atau setiap dinas,” ucap Akbar Ali sebagai Pj. Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Pada webinar tersebut, turut dihadiri oleh Muhammad Sholichin sebagai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMP Kab Jepara dan Sifa Putri Yandani sebagai Juara I Maca Sajak FTBI Provinsi Jawa Barat 2023 SMPN 3 Lembang.

Dilansir dari Kemdikbud.go.id pada Jumat (01/03/2024), bahasa ibu merupakan bahasa yang pertama kali dipelajari oleh seseorang sejak kecil secara alamiah dan menjadi dasar sarana komunikasi serta pemahaman terhadap lingkungannya. Dalam konteks di Indonesia, bahasa ibu diidentikkan dengan bahasa daerah atau bahasa lokal.

(lia puspitasari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles