23.6 C
Bogor
Friday, April 12, 2024

Buy now

spot_img

TV Show “University War” dari Korea Selatan Pikat Perhatian Penonton Global

jurnalinspirasi.co.id – University War, sebuah acara televisi berasal dari Korea Selatan yang terdiri dari 8 episode dan dirilis pada 3 November 2023 – 15 Desember 2023 lalu ini sedang mencuri perhatian para penonton di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam serial televisi ini, perwakilan para mahasiswa dari universitas terkemuka di Korea Selatan seperti Universitas Nasional Seoul, KAIST, Universitas Yonsei, Universitas Korea, dan Universitas POSTECH bersaing dalam tantangan yang menekankan kecerdasan  mental, aritmatika, penalaran, dan hafalan untuk bertahan hidup. Keunikan acara ini semakin terasa dengan kehadiran kelompok mahasiswa dari Harvard University AS dalam episode ketiga.

Para perwakilan mahasiswa dari tiap universitas tidak hanya berasal dari satu jurusan, tetapi dari berbagai bidang seperti psikologi, fisika, kedokteran, matematika, ekonomi, dan lain-lain.

Meskipun disiarkan pada tahun 2023, popularitas acara University War baru-baru ini meningkat pesat di media sosial, terutama di platform Instagram.

Program acara ini berkonsep survival show. Setiap tim akan mengerjakan berbagai tes umum, seperti tes hitung 300 soal, logika, hingga pemecahan masalah. Tim terakhir yang bertahan menjadi pemenang dan berhak atas beasiswa.

Walaupun keunggulan kompetitif dalam “University War” memang sangat jelas, acara ini tidak hanya berfokus pada pertandingan antar mahasiswa. Ini justru menjadi sebuah ajang bagi para generasi muda berbakat untuk membuktikan bahwa kecerdasan mental dapat setara dengan kemampuan fisik atau bakat artistik.

Acara ini mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama tim, persaingan yang sehat, kerja keras, dan sportivitas sambil tetap memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bersenang-senang dan menikmati pengalaman.

(wardah arrasyidah hanifah/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles