26.6 C
Bogor
Sunday, April 21, 2024

Buy now

spot_img

BBPMKP Kementan Lakukan Seleksi P4S Calon Penerima Banper

jurnalinspirasi.co.id – Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Kementerian Pertanian saat ini tengah melakukan proses seleksi penerima Bantuan Pemerintah (Banper) bagi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S). Banper diberikan dalam bentuk sarana dan prasarana pertanian guna mendukung proses pembelajaran di P4S.

Proses seleksi dilakukan secara bertahap, dimulai dengan seleksi administrasi, dimana dari seleksi tersebut diperoleh 33 P4S yang lolos ke tahap verifikasi dan wawancara. P4S yang lolos administrasi terdiri atas 31 P4S Jawa Tengah dan 2 P4S DKI Jakarta.

Ke-33 P4S tersebut berusaha menampilkan yang terbaik pada proses verifikasi dan wawancara agar dapat lolos sebagai penerima Banyang dilakukan oleh BBPMKP, Jumat (16/02) secara daring.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, menyampaikan P4S sebagai pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian.

“Sebagai pusat pembelajaran bagi petani, P4S harus terus menerus berkreativitas meningkatkan kelembagaan petani, serta tingkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi”, kata Dedi.

Sementara itu, Kepala BBPMKP, Yusral Tahir mengatakan P4S merupakan penyuluh swadaya dan ahli pertanian yang bersentuhan langsung dengan petani. Bahkan mereka sangat memahami kondisi dan cara budidaya terbaik untuk wilayahnya, termasuk komoditas potensial yang dapat meningkatkan pendapatan petani.

Untuk itu Yusral berharap P4S dapat menjadi ujung tombak pembangunan pertanian melalui pelatihan, penyebaran informasi dan teknologi ke masyarakat disekitarnya. 

“PPMKP sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Pertanian berkewajiban memberikan pembinaan dalam kerangka penguatan kelembagaan melalui pemberian stimulan bantuan pemerintah,” tuturnya.

Karenanya, Ia menekankan ke depan penerima Banper harus menjadi tauladan masyarakat dan menjadi penggerak program Kementerian Pertanian

Nantinya dari proses verifikasi dan wawancara akan diperoleh 19 P4S yang akan menerima Bantuan Pemerintah.

Terdapat sejumlah tahapan proses bagi P4S yang akan mengajukan Banper, diantaranya mengirimkan proposal dan  surat rekomendasi dari Dinas Pertanian setempat, seleksi administrasi, serta verifikasi dan wawancara.

(nita/BBPMKP)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles