32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Banjir Landa Demak, 20 Ribu Lebih Warga Mengungsi

jurnalinspirasi.co.id – Banjir melanda Demak, Jawa Tengah, khususnya di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah. Sebanyak 20.772 warga terpaksa mengungsi ke 59 titik pengungsian.

Dilansir dari Instagram @Demakhariini, Selasa (13/2/2024), hujan deras yang berlangsung dalam beberapa hari terakhir menjadi penyebab utama meluapnya sungai-sungai di sekitar wilayah tersebut. Ribuan rumah terendam banjir, memaksa puluhan ribu penduduk untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak pada Senin (12/2/2024) pukul 08.00 WIB, banjir telah melanda 39 desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Demak sejak Senin (5/2).

Hal ini disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan di wilayah lokal dan hulu, yang mengakibatkan 10 titik sungai dan tanggul tersier jebol.

Pemerintah setempat bersama dengan tim penanggulangan bencana segera bergerak cepat untuk memberikan bantuan seperti obat-obatan, pakaian, makanan, dan evakuasi bagi warga yang terdampak. Tim relawan, TNI, dan Polri turut serta dalam upaya penyelamatan dan evakuasi.

Situasi ini menyoroti pentingnya perencanaan penanggulangan bencana dan infrastruktur yang tahan banjir. Sementara bantuan terus mengalir, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk evakuasi yang diberikan oleh pihak berwenang.

(vina oktaviani/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles