32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Terbanyak se Kabupaten Bogor, 986 PTPS Cibinong Resmi Dilantik

Cibinong | Jurnal Bogor
Sebanyak 986 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cibinong resmi dilantik Ketua Panwascam Cibinong Dessy Damayanthy.

Ratusan PTPS Cibinong tersebut dilantik Panwascam Cibinong di Gedung Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Cibinong pada Minggu (21/1).

“Alhamdulillah, kami sudah melakukan pelantikan sebanyak 986 PTPS Cibinong dan terbanyak se-Kabupaten Bogor, sesuai dengan jumlah TPS 986. Karena 1 TPS 1 Pengawas,” ujar Dessy.

Kecamatan Cibinong menjadi kecamatan yang terbanyak se-Kabupaten Bogor untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Panwascam.

Berjumlah 986 PTPS Panwascam Cibinong dan terbanyak se-Kabupaten Bogor, “sesuai dengan jumlah TPS 986 yang berada di wilayah Kecamatan Cibinong, karena 1 TPS 1 Pengawas,” jelasnya.

Dessy menuturkan, untuk tugas PTPS sendiri, melakukan pengawasan semua tahapan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Tugas mereka melakukan pengawasan di TPS, dan juga melakukan pengawasan semua tahapan pada saat hari H, dari mulai persiapan, pungut hitung, rekap sampai kotak suara diantarkan ke Kelurahan,” tuturnya.

Lebih lanjut Dessy menjelaskan masa kerjanya dihitung selama 30 hari dimulai sebelum pencoblosan dan sesudahnya sesuai dengan undang-undang. Namun begitu, mereka juga diajak mengawasi tahapan kampanye.

“Karena masa kerja mereka sesuai Undang-undang, selama 23 hari sebelum pencoblosan dan 7 hari setelah pencoblosan, jadi mereka juga akan kita ajak untuk mengawasi lingkungan juga,” ujarnya.

“Misalkan saat ini kan sedang kampanye, jadi minimal mereka memberikan info ke Kelurahan bahwa ada kampanye. Nanti kita ikut mengawasi dan mengajak mereka juga,” sambungnya.

Selain dilantik, jelas Dessy, pihaknya akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) untuk para pengawas TPS tentang tugas, fungsi dan wewenangnya.

“Kemudian ada juga aplikasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu namanya Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu), untuk alat kerja mereka saat melakukan kerja di lapangan,” imbuhnya.

(aga alamanda)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles