Home Edukasi Sanggar Seni Putri Galuh Latih Motorik Anak

Sanggar Seni Putri Galuh Latih Motorik Anak

Sanggar Seni Putri Galuh

Bogor | Jurnal Bogor
Keberadaan sekolah tari kini masih terus berkembang. Pasalnya, banyak orang tua yang sudah mengenalkan buah hatinya sejak dini di dunia tari. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya manfaat yang bisa didapatkan anak jika mereka mengenal dunia ini sedari dini. Salah satunya adalah motorik anak akan lebih terlatih.

Seni tari adalah salah satu jenis seni yang hidup dan tumbuh di lingkungan masyarakat. Seni tari tradisional dan kontemporer serta seni tari modern tumbuh di tengah masyarakat. Maka, sebagai salah satu bentuk kepedulian untuk melestarikan seni tari, Ina Rachmawati,S.Pd.,MM sebagai Pimpinan Sanggar Tari Seni Putri Galuh mendirikan sanggar seni tari ini pada 28 Desember 2003.

Sanggar Seni Putri Galuh yang berada di Perumahan Alam Tirta Lestari  Blok M-4 RT 04/RW 15 Ciomas, Kabupaten Bogor, mengembangkan serta melestarikan kesenian tradisi dengan melibatkan masyarakat, utamanya anak-anak, dan generasi muda yang bersifat edukatif serta memuat pesan-pesan positif di setiap pertunjukan yang ditampilkan.

Sanggar Seni Putri Galuh juga mengangkat potensi kesenian yang ada di masyarakat serta memberi kesempatan kepada anak-anak dan generasi muda untuk ikut serta ke dalam pengembangan, pelestarian, dan pementasan seni tari tradisional dan membuat pertunjukan yang mengandung pesan-pesan positif dan edukatif bagi masyarakat.

“Sanggar ini sebagai wadah generasi milenial yang bermaksud menggali, melestarikan, memupuk, dan menumbuhkembangkan minat atau bakat di bidang seni tari,” kata Ina Rachmawati, Rabu (17/01/2024).

Usaha yang dilakukan Sanggar Seni Putri Galuh yakni mengadakan pertunjukan yang bersifat edukatif secara rutin kepada masyarakat. Disamping itu mengenalkan nilai-nilai budaya kepada masyarakat awam, melibatkan masyarakat di dalam pertunjukan, dan melestarikan budaya Sunda khususnya Jawa Barat.

Tak hanya itu saja, Sanggar Seni Putri Galuh  menyelenggarakan  usaha atau  kegiatan melalui seni tari, busana dan seni rias, seni suara, serta pemberdayaan ekonomi bagi para anggotanya.

(wawan hermawanto)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version