24.7 C
Bogor
Saturday, March 2, 2024

Buy now

spot_img

Jangan Salah Pilih Parfum Mobil Bisa Rusak AC

Bogor | Jurnal Bogor
Parfum mobil pastinya memiliki tujuan agar ruang kabin mobil tetap terjaga keharumannya serta memberikan efek segar. Tetapi, terkadang jenis parfum yang salah bisa membuat kerusakan komponen mobil.

Kerusakan yang mungkin terjadi pada dasbor mobil karena penggunaan parfum cair. Jenis parfum ini ternyata juga memungkinkan kerusakan pada komponen lainnya, seperti sistem pendingin ruangan alias AC.

Owner Show One AC, Noval, bengkel spesialis AC mobil di Bogor menjelaskan bahwa penggunaan parfum cair berkualitas rendah akan merusak salah satu komponen AC, yakni evaporator.

Show One AC

“Penggunaan parfum cair yang menyengat dan kualitasnya rendah bisa membuat evaporaotor AC menjadi kotor dan mampet. Biasanya, tanda-tandanya diawali dengan bau yang kurang sedap saat AC dinyalakan walau seisi kabin wangi akibat parfum tersebut,” ujar Noval di bengkelnya di bilangan Permata Cimanggu, Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (04/01/24).

Untuk itu kata dia, jika dibiarkan, maka komponen akan mengalami kerusakan dan berpotensi tidak lagi dingin.  “Jika ini diabaikan, maka evaporator lama-kelamaan bisa bocor dan AC menjadi tidak dingin dan rusak. Tentu, ini butuh perbaikan berupa penggantian perangkat evaporator,” tambahnya.

“Sebelum rusak, evaporator bisa dibersihkan saat gejala bau AC sudah tidak sedap. Dan sebisa mungkin, jangan gunakan parfum berkualitas rendah pada ruang kabin mobil Anda,” tutup Noval.

Tidak semua pemilik mobil paham perawatan AC mobil. Karena AC mobil juga harus diservice secara berkala dan pemilik mobil biasanya baru sadar setelah AC mobil rusak, tidak dingin, kompresor berisik atau bahkan macet dan lainnya

Sama dengan perawatan mesin, AC pun disarankan untuk dilakukan service berkala. Nah, di Show One AC bisa periksa AC mobil gratis, melayani perawatan, perbaikan, pemasangan unit, sparepart, isi freon dan lain-lain. Show One AC berada di Permata Cimanggu Kavling 100 Kedungbadak, Tanah Sareal, Kota Bogor dengan nomor hp 085697553735.

(wawan h)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles