Home Politik Empat Pilar MPR RI Bisa Perkuat NKRI, Anton: Perekat Persatuan

Empat Pilar MPR RI Bisa Perkuat NKRI, Anton: Perekat Persatuan

Anton Sukartono Suratto (kiri) dan Dede Chandra Sasmita

Cibinong | Jurnal Bogor
Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih popular disebut Empat Pilar MPR RI disosialisasikan Anggota MPR RI, Anton Sukartono Suratto, Selasa (28/11/2023). Empat Pilar MPR RI itu selain menjadi sarana menguatkan rasa kebangsaan, juga jadi perekat persatuan bangsa.

“Empat Pilar MPR RI jadi perekat persatuan, sekaligus momen untuk menjadi pengingat kita untuk selalu mewaspadai setiap upaya yang memecahbelah, mengadudomba, membuat kita bersikap intoleran dalam keberagaman,” kata Anton.

Karakter pokok kebangsaan Indonesia yaitu religius, mandiri, tidak kenal menyerah, bersatu, dan toleransi. “Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah anugerah yang mesti di urus dengan benar. NKRI adalah persoalan mewujudkan pemerataan kesejahteraan. NKRI adalah Geostrategi yang mengaitkan ekonomi, geografi, dan strategi,” ungkapnya.

Dengan demikian, Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara RI sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara adalah hal mutlak yang harus dijaga anak bangsa.

“Kita semua berkewajiban untuk mengamalkan Empat Pilar MPR RI dalam keseharian kita,” tandasnya.

(yev/rls)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version