26.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Akuisisi Semen Grobogan, Indocement Berhasil Menangkan Persaingan

Jakarta | Inspirasi
Kinerja PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, di tahun 2023 ini berjalan moncer, selain penjualan yang terus meningkat, perusahaan yang sahamnya dimiliki Heidelberg Cement Grup, pada tahun 2023 ini berhasil memenangkan persaingan dengan mengakusisi PT Semen Grobogan, melalui PT Dian Abadi Perkasa, salah satu entitas anak perusahaan dari semen yang memiliki brand Tiga Roda itu.

“Proses akuisisi PT Semen Grobogan diselesaikan 30 November 2023 lalu di Jakarta, seluruh saham PT Semen Grobogan yang berjumlah 345.860 lembar 100 persen dimiliki PT Dian Abadi Perkasa, anak usaha PT Indocement Tunggal Prakarsa,” kata Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, Christian Kartawijaya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/12).

Christian mengatakan, proses akuisisi atau pengambilalihan seluruh saham PT Semen Grobogan menggunakan dana dari kas internal perusahaan atau tidak berasal dari pinjaman pihak ketiga. Akuisisi PT Semen Grobogan, sambung Christian, langkah strategis perusahaan dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen, sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah.

“Akuisisi langkah lanjutan untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah, setelah kami mengambil alih operasional Pabrik Semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan, dengan metode sewa-menyewa untuk memperkuat suplai pasar di Indonesia bagian timur dan juga unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali,” ujar Christian.

Sebagai informasi, Semen Grobogan, pabrik semen yang berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker dan 2,5 juta ton semen, serta persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun ke depan. Semen Grobogan sendiri telah memulai produksi komersial pada Januari 2022.

“Selain mengakuisisi Semen Grobogan, PT Indocement melakukan beragam upaya untuk memenangkan persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan mengupayakan ketiga kompleks pabrik Indocement yaitu Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun, Kalimantan Selatan, mendapat anugerah PROPER Emas. Pada tahun 2023 ini, tiga kompleks pabrik Indocement menjadi kandidat PROPER Emas,” ungkap Christian.

Proses penilaian PROPER Emas, sebut Christian, dimulai dengan pengumuman 168 perusahaan kandidat PROPER Emas pada 2 November 2023, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari tiga general manager Indocement mengenai presentasi teknis mengenai Eco Inovation dalam bidang efisiensi energi, penurunan beban pencemaran air, 3R limbah B3, 3R limbah non-B3 dan perlindungan keanekaragaman hayati.

“Pada 12 Desember 2023, saya menyampaikan langsung presentasinya dihadapan dewan juri PROPER dan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lahan (PPKL) KLHK Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc. Nah, pengumuman pemenang Anugerah PROPER Emas 2023 akan dilaksanakan pada akhri Desember 2023,” tutup Christian.

(m.yusuf)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles