Home Edukasi Perayaan Hari Relawan Internasional, PPLi Ikut Dukung Pelestarian Lingkungan

Perayaan Hari Relawan Internasional, PPLi Ikut Dukung Pelestarian Lingkungan

Siswa SMK Tunas Bangsa Sejahtera Kota Bogor mendengarkan pemaparan soal pentingnya menjaga kelestarian lingkungan

Bogor | Jurnal Inspirasi
Peringatan puncak Hari Relawan Internasional 2023 atau International Voulenteer Day (IVD) yang dipusatkan di salah satu resto and kafe yang berlokasi di kawasan Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Minggu (17/12/2023) resmi berakhir.

Peringatan IVD yang berlangsung sejak Jum’at sampai Minggu kemarin dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, didampingi sejumlah pejabat terkait, salah satunya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selain diisi dengan reuni para relawan dari berbagai komunitas dan organisasi, peringatan IVD itu diselingi dengan acara sosialisasi dan edukasi bahaya pencemaran limbah kepada anggota Pramuka dari SMK Tunas Bangsa, Kota Bogor. Acara ini didukung sepenuhnya PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLi), dengan pemandu acara Direktur Eksekutif Lembaga kemanusiaan Indonesia CARE, Lukman Azis Kurniawan.

“Alhamdulillah, kita diberikan kesempatan terlibat dalam peringatan IVD dengan diberikan kesempatan waktu sama panitia untuk mensosialisasikan dan mengedukasi anak-anak SMK di Kota Bogor, soal upaya dan langkah kalangan industri dan melindungi bumi dari bencana lingkungan,” kata Technical Support Manager PPLI, Muhammad Yusuf Firdaos.

Yusuf menerangkan, edukasi soal pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kepada anak-anak SMK sangat strategis, apalagi pemaparan edukasi ini dibarengi dengan penyajian contoh penyebab terjadinya bencana yang disebabkan tercemar atau rusaknya kondisi lingkungan.

“Salah satunya banjir, bencana yang terjadi di saat musim penghujan itu, selain disebabkan adanya perubahan kondisi ruang di sekitar daerah aliran sungai, sampah dan limbah rumah tangga yang dibuang ke aliran sungai ikut menyumbang,” ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan, PPLi berkolaborasi dengan komunitas pencinta lingkungan, termasuk para relawan sering dilibatkan untuk mengedukasi masalah pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kepada anak-anak sekolah, dari mulai tingkat PAUD/TK hingga siswa SMA/SMK.

“Kalau anak-anak sedini mungkin tiada henti kita edukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, kedepannya ketika mereka dewasa akan tumbuh menjadi sosok-sosok yang peduli akan lingkungan,” tutup Yusuf, didampingi Manager Humas PPLi Arum Tri Pusposari. * Mochamad Yusuf

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version