29.9 C
Bogor
Sunday, February 25, 2024

Buy now

spot_img

Bangkitkan Ekomomi, DisKUKMdagin Gelar Bazar UMKM di Hypermart

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DisKUKMDagin) terus bangkitkan perekonomian pasca Pandemi Covid-19 melalui berbagai program salah satunya Gebyar Bazar UMKM.

Belum lama ini, DisKUKMDagin gelar Gebyar Bazar di Hypermart, Yasmin, Kelurahan Curugmekar, Kecamatan Bogor Barat pada Sabtu 9 Desember 2023.

Bazar UMKM tersebut mengusung tema “Wanita Berdaya Keluarga Sejahtera” dengan menyediakan 75 booth UMKM dan lebih dari 100 jenis makanan dan minuman yang dijual mulai dari sembako hingga buah duren.

Kepala Bidang UMKM Dinas KUKMDagin Kota Bogor, Ayip Samsul Muarif mengapresiasi kegiatan tersebut karena dinilai sangat positif untuk membangkitkan perekonomian warga.

“Acara ini bagus, sebab akan membantu para pelaku UMKM memperkenalkan produk yang dijual dan menjadi ajang pemasaran. Mudah-mudahan hingga akhir trafficnya bagus sehingga pelaku UMKM,” kata Ayip jelasnya.

Dia mengaku, pihaknya menginginkan kegiatan tersebut bisa terus berlangsung setiap tahun, dan disertai dengan pengembangan daya tarik masyarakat sehingga semakin memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM.

Semenyata Ketua Panitia Acara, Siti Farida Permatasari menjelaskan bazzar UMKM ini merupakan hasil kolaborasi, pihak kelurahan Dinas KUKMDagin Kota Bogor, dan pihak Hypermart.

Dijelaskannya, bazar tersebut bertujuan untuk mewadahi serta memberi tempat pemasaran bagi para pelaku UMKM. Terutama bagi mereka yang kesulitan mengakses dunia digital seperti media sosial dan e-commerce.

“Jadi, Ini juga menjadi ajang kurasi produk UMKM yang bisa diekspor melalui program pendampingan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Menurut dia bahwa event bazar tersebut digelar selama seminggu mulai Tanggal 9 hingga 15 Desember 2023 dengan berbagai rangkaian acara.

Tak hanya sebagai ajang pemasaran produk, tetap dalam event tersebut disediakan layanan pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT), dan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM.

Selanjutnya, event ini juga akan dimeriahkan dengan serangkaian acara workshop pemanfaatan barang, pelatihan blog, dan dongeng nusantara.

“Jadi, juga ada kegiatan senam Aerobik terbuka untuk umum (Gratis), lalu workshop Ciptakan Cuan dengan Bunga Telang dan Olahanya dan Review produk tenant Booth peserta bazar live di sosmed, Demo Baking Bakery dan
Bedah Buku Kewirausahaan,” tandasnya. (Advetorial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles