28.2 C
Bogor
Tuesday, February 27, 2024

Buy now

spot_img

MTQ Tingkat Desa, H.Udin Saputra Tingkatkan Kecintaan Terhadap Al-Qur’an

Gunung Putri | Jurnal Bogor 
Ajak pemuda-pemudi untuk lebih lebih mencintai Al-Qur’an, Pemdes Ciangsana menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran  (MTQ) tingkat desa yang diselenggarakan di aula Kantor Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (25/11/23).

Kepala Desa Ciangsana H Udin Saputra mengatakan, MTQ tingkat desa ini untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman masyarakat terhadap kitab suci umat Islam.

” MTQ tingkat desa ini diikuti oleh 56 peserta dari masyarakat yang ber-KTP Desa Ciangsana. Ada 3 kategori yang dilombakan, mulai dari murotal, tilawah anak – dewasa, tanfidz quran anak – dewasa,” paparnya kepada Jurnal Bogor.

H.Udin Saputra menyebut, adanya MTQ ini diharapkan untuk anak pemuda milenial khususnya lebih mencintai Al- Qur’an. Dimana kita ketahui, era globalisasi saat ini lebih anak muda lebih condong terhanyut terhadap gadget dan dunia maya.

” Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap ajaran Islam. Serta memunculkan bibit bibit pemuda Qurani di Desa Ciangsana, sekaligus mempersiapkan jika nanti MTQ Kecamatan diselenggarakan,” ujarnya.

“Alhamdulillah pertama kalinya kita melaksanakan lomba MTQ tingkat desa pada hari ini, yang diikuti oleh warga Desa Ciangsana dari perwakilan masing-masing Kadus se-Desa Ciangsana. Mudah-mudahan dengan adanya acara seperti ini warga bisa lebih giat lagi membaca Al-Qur’an,” tambah H.Udin.

Sementara Ketua MUI Desa Ciangsana, Ustad Surya Atmaja mengapresiasi program Desa Ciangsana yang mengadakan kegiatan  perlombaan MTQ tingkat desa.

“Kita sangat mengapresiasi apa yang sudah menjadi program Pemdes untuk warga masyarakat Desa Ciangsana. Khususnya untuk anak-anak didik kita agar bisa mencintai Al-Qur’an sehingga kedepan menjadi generasi Qurani,” tuturnya.

“Maka harus kita munculkan dari sejak dini, sehingga pada suatu ketika nanti kalau Desa Ciangsana memiliki generasi-generasi Qurani, atau penghapal Al-Qur’an, tentu kedepannya kita tidak sulit jika nanti di tingkat kecamatan, kabupaten atau di tingkat yang lebih besar karena kita punya generasi Qurani asli warga Desa Ciangsana,” pungkasnya.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles