Home News Bantuan Rp60 M Dicoret, Biskita Koridor 3 dan 4 Gagal Mengaspal

Bantuan Rp60 M Dicoret, Biskita Koridor 3 dan 4 Gagal Mengaspal

jurnalinspirasi.co.id – Koridor 3 dan 4 Biskita gagal direalisasikan pada tahun ini. Hal itu lantaran anggaran senilai Rp60 miliar yang sudah diproyeksikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah dua koridor baru dicoret.

Tim Akselerasi Pemkot Bogor, Yayat Supriatna mengatakan bahwa sebenarnya anggaran untuk penambahan koridor 3 dan 4 sudah dimasukan ke dalam program kegiatan Kemenhub melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Namun, kata dia, kemungkinan ada skala prioritas yang lain, sehingga anggaran untuk penambahan dua koridor Biskita Transpakuan dicoret oleh Kemenhub.

“Hal itu sudah direncakan, tetapi itu kan rencana dan uangnya belum ada. Nah APBN itu bisa saja mencoret, membatalkan dan menunda. Mungkin ada skala prioritas lain apakah untuk IKN atau apa. Sehingga dana sebesar Rp60 miliar itu dicoret atau dihilangkan,” ujar Yayat Supriatna kepada wartawan, belum lama ini.

“Permasalahannya bukan di kami, tapi perencanaan di tingkat kementerian itu yang berubah, apakah karena penyesuaian, refocusing atau perubahan anggaran. Kita juga tidak bisa apa-apa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yayat mengaku belum bisa memastikan apakah anggaran penambahan dua koridor baru Biskita Transpakuan ini akan dianggarkan kembali Kemenhub pada tahun 2024 mendatang.

Kendati demikian, untuk tetap menjalankan penambahan dua koridor baru Biskita Transpakuan, Pemkot Bogor bisa saja menggunakan skema Perda Transportasi, yang mana di dalam Perda itu bisa mengatur pembiayaan model Buy The Service (BTS) dengan anggaran APBD. Seperti yang dilakukan Trans Semarang, Trans Jogja, Trans Jateng, hingga Trans Jatim.

“Ya, itu tergantung Kota Bogor apakah suatu saat nanti (koridor) 3-4 bisa gak dari dana APBD, tapi kalau misalnya pusat tetap melanjutkan itu Alhamdulillah. Intinya kalau misalnya lewat Perda dari kota bisa sharing di dalamnya, misalnya 3-4 itu dikelola oleh APBD dan pemenangnya bukan yang sekarang, bisa ada yang lain,” paparnya.

Sebagai informasi, koridor 3 melayani rute sepanjang 25,4 kilometer dengan tujuan Terminal Bubulak-Sukasari-Lawang­gintung. Sedangkan koridor 4 memiliki jarak tempuh 36 kilometer melayani Ciawi-Pomad-Ciparigi.* Fredy Kristianto

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version