27.7 C
Bogor
Friday, March 1, 2024

Buy now

spot_img

Kecamatan Long Ikis, Daerah Penyangga IKN Kunjungi Desa Gunung Putri

Gunung Putri | Jurnal Bogor
Untuk ke-35 kalinya, Pemerintah Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mendapatkan kunjungan dari luar daerah. Kali ini, sebanyak 150 orang dari Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur datang berkunjung untuk melakukan studi tiru ke Desa Gunung Putri, Rabu (15/11/23).

Kepala Desa Gunung Putri, Daman Huri menjelaskan kunjungan dari Kecamatan Long Ikis ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas DPMD Kabupaten Paser Chandra Irwanadhi, dan Inspektorat Kabupaten Paser M.Gunawan Syukur, Camat Long Ikis, serta seluruh kepala desa se-Kecamatan Long Ikis serta PKK dan segenap perwakilan staf.

“ Dalam kesempatan itu saya memaparkan seluruh program inovasi Desa Gunung Putri. Meskipun diguyur hujan saat kunjungan tersebut, namun tidak menyurutkan para peserta untuk mendengarkan secara serius pemaparan yang saya sampaikan,” ungkap A Heri sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor.

Menurut Camat dan Kadis, sambung A Heri, pemaparan itu sangat dibutuhkan oleh Kecamatan Long Ikis. Mengingat, saat ini wilayah mereka berbatasan dengan calon Ibu Kota Negara (IKN). Yang mungkin nantinya seperti Kabupaten Bogor menjadi wilayah satelit penyangga Ibu Kota.

“ Mereka ingin mencontoh, bagaimana kelak kedepannya menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara. Terutama dalam hal inovasi digital, dan membentuk desa digital. Karena wilayah Kecamatan Long Ikis banyak kesamaan seperti Gunung Putri,” kata A Heri.

“ Saya juga banyak berbincang dengan Kadis DPMD, menurut beliau hasil dari kunjungan ini akan disampaikan dan dipaparkan kepada Bupati untuk diaplikasikan di wilayahnya guna kesiapan sebagai daerah penyangga IKN kedepannya,” tambah A Heri.

Lebih lanjut A Heri menjelaskan, yang paling dilirik oleh Kecamatan Long Ikis ialah keberadan tiang telekomunikasi. Namun, karena cuaca yang tidak mendukung, sehingga tidak bisa melihat langsung sumber tiang telekomunikasi, sehingga untuk mengisi waktu hanya melakukan tanya jawab yang dibagi menjadi 3 sesi.

“ Dan alhamdulilah mereka puas akan kunjungan dan pemaparan yang disampaikan, kedapannya saya berharap kunjungan ini bisa menjadi kerjasama ekonomi, dimana  bisa saling tukar produk kedepannya antara BUMDes sehingga ada perputaran ekonomi kedua belah pihak terutama desa-desa yang sudah berkunjung ke Desa Gunung Putri,” tukasnya

“ Untuk saat ini sudah ada 3 kepala desa dari Bali yang menjalin kerjasama dengan BUMDes Gunung Putri. Saya berharap ini bisa menjadi awal perputaran ekonomi, dan diharapkan juga DPMD Kabupaten Bogor dan DPMD Kabupaten lain bisa menangkap kesempatan dari setiap kunjungan ini,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser Chandra Irwanadi mengungkapkan kekaguman akan semua inovasi yang ada di Desa Gunung Putri, apalagi ini terbentuk baru dalam hitungan 3 tahun.

“ Ini luar biasa, terutama dalam hal inovasi membentuk desa digital, sehingga setiap gang bisa terpantau CCTV itu sangat luar biasa. Insya Allah apa yang kami dapat hari ini akan kami aplikasikan, mengingat wilayah kami saat ini akan wilayah yang akan menjadi penyangga IKN. Jadi kami harus mempersiapkan dan berbenah diri dari sekarang,” tandasnya.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles