Home Potret Desa Stunting, ODF Hingga Samisade jadi Pembahasan Minggon Kecamatan Dramaga

Stunting, ODF Hingga Samisade jadi Pembahasan Minggon Kecamatan Dramaga

Dramaga l Jurnal Bogor
Pemerintah Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor mengelar rapat minggon di aula Kantor Desa Dramaga, Rabu (18/10/2023). Rapat tersebut membahas dan mengevaluasi kinerja desa yang ada di Kecamatan Dramaga.

Camat Dramaga Tenny Ramadhani mengungkapkan rapat minggon yang dihadiri kepala desa, UPT , Puskemas dan Muspida Kecamatan merupakan agenda rutin bulanan.

Saat ini rapat minggon, ada beberapa hal menjadi fokus pembahasan dari mulai jelang persiapan Pemilu di 2024.  Kemudian, persoalan Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan agar desa bebas dari buah air besar sembarangan dan yang menjadi catatan yakni bagi desa bisa mengiventarisir MCK yang memenuhi standar dan sanitasi .

Lalu, program Samisade. Kecamatan sebagai tim verifikasi faktual  mengingatkan desa agar bantuan keuangan desa dikerjakan dengan baik.  Sebab, hasil pengawasan secara teknis, hasil laporan kajian tenaga ahli dan berita acara menjadi tolak ukur pencairan Samisade tahap kedua

“Kita punya tim Monev yang turun langsung ke lapangan dan mengecek fisik dan LPJ Program Samisade. Tim tersebut sangat penting untuk mengawasi memonitoring kegiatan Samisade,” ujarnya

Lalu, persoalan stunting. Pada 2022 sudah difokuskan di Desa Sukadamai  dan Purwasari. Namun pada 2023 ada penambahan lokus stunting yakni Desa Dramaga, Sinarsari dan Desa Neglasari .

Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya bersama puskesmas memberikan edukasi kepada para kader untuk bersama-sama menekan angka stunting. Selain itu, yang menjadi lokus stunting diberikan juga bantuan makanan untuk peningkatan gizi  dari Dinas Pemberdayaan Perempuan.

“Kita berpikir,  ketika sudah ada penetapan lokus stunting tidak ada lagi. Namun, setelah data stunting di update masih ada penambahan desa yang rawan stunting. Tentunya ini menjadi bahan evaluasi bersama dan bagiman kita bersama-sama menekan angka stunting dan tidak ada lagi kasus stunting di Kecamatan Dramaga,” jelasnya.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version