33.3 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

Ajak Siswa Teladani Akhlak Nabi, MI Negeri 1 Bogor Gelar Maulidan

Leuwisadeng | Jurnal Bogor
Puluhan murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Bogor di Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor mengikuti kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 hijriah.

Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah dengan tajuk “Meladani Akhlak, Serta Meningkatkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW” tersebut diikuti penuh khidmat dan kebersamaan.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan semangat dalam kegiatan tahunan ini, dan baru kali ini kegiatan dilaksanakan dihalaman sekolah yang biasanya di dalam sekolahan,” kata Kepala MIN 1 Bogor Atin, Kamis (12/10/2023).

Dia menjelaskan, bahwa pemberi tausiyah merupakan alumni di sekolah tersebut dengan memaparkan tentang akhlak sebagai mana Nabi sabdakan dalam hadis. Bahwa nabi diutus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak.

“Untuk terutama siswa/siswi yang ada disini, guru maupun orang tua itu mempersatukan akhlak. Mudah-mudahan akhlakul karimah,” jelasnya.

Dia berharap, dengan begitu adanya perubahan terhadap sikap anak-anak yang mengemban pendidikan di sekolah tersebut.

“Alhamdulillah anak-anak disini tata cara seperti sikap yang menunjukkan kesopanan, kesantunan, rasa hormat itu sudah dilakukan dengan baik,” katanya.

Sementara penceramah dari Jakarta, H Ade Suhari selain memberikan tausyiah terhadap jema’ah yang hadir juga langsung mempraktikkan seperti tata cara salim dan tahpiz yang baik. Selain itu juga memberikan door prize kepada anak anak pelajar tersebut.

Kata dia, bahwa salah satu cara untuk meneladani Rasulullah SAW adalah dengan senantiasa belajar dan bertanya.

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling berilmu dan paling banyak mengajarkan ilmu kepada umatnya. Oleh karena itu, kita harus senantiasa belajar dan bertanya agar dapat menjadi orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Ustaz Ade juga menyampaikan bahwa kita harus meneladani Rasulullah SAW dalam hal akhlak dan perilakunya. Rasulullah SAW adalah sosok yang penyayang, dermawan, dan selalu berbuat baik kepada sesama.

“Tidak hanya dari ilmu, keteladanan Rasulullah SAW juga bisa kita tiru dari akhlak dan perilakunya, Rasulullah lah sebaik-baiknya manusia yang bisa kita jadikan pedoman,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles