27.9 C
Bogor
Thursday, May 16, 2024

Buy now

spot_img

Cegah Eksploitasi Anak, Pemdes Ciangsana dan Sejiwa Adakan Peningkatan Kapasitas Orang Tua

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Ciangsana berkolaborasi dengan Yayasan Sejiwa menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas “mencegah dan mengatasi eksploitasi seksual pada anak”, di aula kantor Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Minggu (8/10/23).

Program Manager Sejiwa, Dika mengatakan pendidikan dan pengetahuan terkait kekerasan seksual ini perlu supaya anak-anak bisa terjaga, terutama ketika anak-anak tidak dalam jangkauan atas pengawasan orang tua. Misalnya, ketika anak-anak bermain di dunia online, karena sekarang kekerasan seksual terjadi juga bukan hanya di dunia nyata saja, tapi juga di dunia online.

“ Oleh karena itu, khususnya bagi Desa Ciangsana ini untuk orang tua semuanya, bapak, ibu, atau pun kakak, agar bisa mengasih tau ke anak-anaknya terkait kekerasan seksual,” ucap Dika.

“Ini adalah hal yang harus diperhatikan, dan juga harus dijaga. Jadi jangan lupa orang tua harus tetap update menjaga anak-anak dalam kekerasan seksual di dunia nyata maupun dunia online,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Ciangsana H. Udin Saputra SH.MM menyampaikan pada dasarnya  pelatihan seperti ini sangat penting bagi masyarakat yang mempunyai anak, bisa menjadi edukasi bagi para orang tua.

“Saya rasa kegiatan ini sangat bagus, semoga bisa terus dilanjutkan sehingga warga saya terutama orang tua yang memiliki anak bisa mengawasi anaknya, sehingga anak kita menjadi cerdas dalam menggunakan media sosial,” jelasnya kepada Jurnal Bogor, Senin (9/10/23).

“Kedepannya anak-anak Ciangsana khususnya remaja, atau dari usia balita sampai remaja sudah tau menggunakan media sosial yang baik,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Ramdani, pegiat sekolah orang tua yang juga berkolaborasi dengan Yayasan Sejiwa pada acara workshop parenting ini membahas tentang masalah perlindungan anak dari kejahatan anak secara online. Acara ini diinisiasi oleh Sejiwa sebagai upaya untuk mengedukasi para orang tua dalam masalah perlindungan anak dari kejahatan seksual secara offline maupun online.

” Harapan kami kepada para orang tua mudah-mudahan dengan adanya workshop ini bisa memberi edukasi, bisa memberikan wawasan yang baik dan pemahaman yang baik tentang menjaga anak-anak dari kejahatan seksual secara offline maupun online,” jelasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles