Home News Soal Penjabat Bupati Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Tunggu Surat Penunjukan dari...

Soal Penjabat Bupati Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Tunggu Surat Penunjukan dari Kemendagri

Rudy Susmanto

Cibinong | Jurnal Inspirasi
Soal penjabat Bupati Bogor, yang akan menggantikan posisi Iwan Setiawan, DPRD Kabupaten Bogor, sampai sekarang belum melakukan pembahasan, karena masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita belum melakukan pembahasan siapa yang akan diusulkan menjadi penjabat Bupati Bogor, karena itu tadi surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum ada atau turun,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Kamis (05/10/2023).

Sebagai informasi, masa bhakti Bupati Bogor Iwan Setiawan, berakhir 31 Desember 2023 mendatang. Penjabat Bupati Bogor, pengganti Bupati Iwan Setiawan, akan bertugas 1 Januari 2024, pukul 00 : 00. Masa tugas Penjabat Bupati Bogor sekitar satu setengah tahun atau hingga Bupati Bogor hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak April 2025 dilantik.

“Kalau surat dari Kemendagri, pastinya akan kita bahas. Bahkan, DPRD pun akan menggelar hearing atau dengar pendapat dengan seluruh elemen atau komponen masyarakat Kabupaten Bogor,” ujar Rudy Susmanto.

Rudy menjelaskan, sampai saat ini, DPRD Kabupaten Bogor, telah menerima empat nama usulan dari masyarakat sebagai calon penjabat Bupati Bogor. Keempat nama yang diusulkan itu, diantaranya mantan Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat Asep Engkus Sutisna, satu tokoh nasional.

“Kalau satu nama lagi belum bisa kita ungkapkan. Nah, dari empat nama itu mengacu pada ketentuan perundang-undangan hanya tiga yang diusulkan ke Kemendagri untuk dipilih satu,” terang Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra itu.

Rudy pun berharap, surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu keluar atau turun Oktober ini. “Aturannya kan tiga bulan sebelum masa bhakti Bupati Bogor berakhir,nama Pj yang akan menggantikan sudah dibahas,” ujar Rudy.

Seperti diketahui, selain Bupati Bogor, di Provinsi Jawa Barat ini ada beberapa kepala daerah yang akan mengakhiri masa tugasnya pada Desember mendatang atau masuk putaran terakhir, diantaranya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor.

** Mochamad Yusuf

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version