Home News Puluhan Rumah di Ciherang Kidul Terancam Bahaya Longsor

Puluhan Rumah di Ciherang Kidul Terancam Bahaya Longsor

Ciomas | Jurnal Bogor
Puluhan rumah yang ada di bantaran Sungai Ciapus, RT 01, RW 02, Ciherang Kidul, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor terancam bahaya longsor.

Pasalnya, lokasi pemukiman penduduk itu tepat dibibir Sungai Ciapus yang berada dipinggiran RT 01, RW 02, Ciherang Kidul.

” Kondisinya benar benar rawan longsor. Warga kami sudah tidak nyenyak tidur kalau musim hujan dan Sungai Ciapus sering banjir dan luapannya sampai ke pinggiran rumah penduduk,” ujar Aryadi Didu, tokoh masyarakat setempat, Jumat, 29 September 2023.

Didu berharap, bahaya rawan longsor di wilayahnya itu bisa disikapi secara serius oleh SKPD terkait di Pemkab Bogor.

Lebih lanjut, kata Didu, jarak antara rumah penduduk dengan sungai rata rata satu meter dan itu jelas sangat bahaya kalau terjadi Longsor.

” Kami berharap lokasi rawan longsor yang ada di wilayah kami ini bisa di bronjong lebih awal sebelum dibuat Tembok Penahan Tanah (TPT),” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT 01, Risdiawan mengatakan, sebenarnya persoalan TPT yang ada di wilayahnya sudah diajukan ke pihak desa dan pihak terkait yang ada di Pemkab Bogor. Selain itu, lokasinya juga sudah pernah disurvei oleh pihak desa dan pihak terkait dari Pemkab Bogor.

” kalau tidak salah panjangnya diperkirakan mencapai 250 meter lebih daerah rawan longsor yang ada di RT 01/ RW 02 Ciherang Kidul,” tegas Risdiawan.

Selain itu, tambah Risdiawan, ia juga sudah mengajukan masalah TPT ini saat Musrenbang Tingkat Desa Laladon beberapa waktu lalu.

” Mudah mudahan usulan soal pemukiman rawan longsor yang harus segera dibuat TPT ini menjadi prioritas oleh Pemkab Bogor,” tegas Risdiawan.

** asep syahmid

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version