24.6 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

Apresiasi Saya Terhadap Kang Prof Didin S Damanhuri

jurnalinspirasi.co.id – Sibuk ya kang Prof Didin, sehat dan sukses selalu pengabdiannya yang tak pernah henti mencerahlan publik negeri, yang ditimpa banyak problem dan musibah yang dibuat-buat rezim politik, yang “dungu dan tolol” menurut bung Rocky Gerung.

Saya lihat dan baca di beberapa medsos nama kang Prof Didin S Damanhuri, terus bermunculan sebagai narasumber seminar nasional, forum diskusi ilmiah, yang diselenggarakan di banyak lembaga NGO dan juga GoI, institusi resmi Pemerintahan Indonesia (GoI).

Selamat mengabdi demi kemajuan negara- bangsa (nation-state), semoga Allah SWT senantiasa menganugerahi nikmat sehat-walaffiat, dan selalu beropini yang menginspirasi dan mencerahkan sebagai intelektual muslim senior, yang kaya pemikiran dan menembus batas, yang ada di tanah air saat ini.

Saya AA adalah yuniornya yang terus mengikuti jejak langka dan pemikiran-pemikiran cerdas kang Prof Didin S Damanhuri. Jujur saya berkata bahwa Kang Prof Didin adalah salah seorang tokoh intelektual muslim panutan dan mentor saya sejak saya muda belia sebagai aktivis Kampus.

Saya sudah sejak lama mengenal sosok dan ide-ide cerdasnya sejak menjadi aktivis HMI, lembaga kemahasiswaan Senat Mahasiswa Faperikan IPB, UKM BKI IPB dan aktif di forum-forum diskusi mahasiswa lintas kampus, bernama Forum Latihan dan Pengembangan Muslim Intelektual, yang dikenal FOLAPMI, Kang Didin sering diundang menjadi pemantik diskusi dan atau narasumber, yang disenangi para aktivis mahasiswa, ketika itu berkisar tahun 1980 sd 1986, yang terus berlanjut kiprah hingga sekarang, dengan pemikiran kritis, analitik yg semakin bernas.

Keahlian kang Prof Didin S Damanhuri di bidang ekonomi politik kaitannya public policy, begitu jernih menjelas fenomena sosial yg menyimpang dalam berbagai aspek ipoleksesbudham negeri ini dianalisis secara saintifik dalam perspertif agama (QnS), ideologi dan konstitusi negara, Pancasila dan UUD 1945.

Sebutkan saja misalnya isu-isu strategis nasional, diantaranya seperti cengkraman oligarky semakin sistematik, poros Jakarta-Peking, dan banyak yang lain beragam topik, terakhir kasus Investasi Eco City Rempang yang melanggar HAM terhadap etnis Melayu Rempang yang sangat memilukan hati bagi mereka yang waras.

Sikap kritis Prof Didin begitu jelas, di saat-saat para cendekiawan muslim lainnya gesturenya masih lihat “kiri-kanan”, lamban gerakannya dan atau diam saja (cicing wae). Sikap tegas dan jelas dari kang Didin, mendahului mereka, yang mengoreksi publik policy yang sesat dan menyesatkan itu yang didesain rezim zholim itu.

Dibalik kesunyian itu, akhirnya Sang Prof Didin S Damanhuri, senior saya yang telah menulis buku lebih 60 judul itu, tampil di garda terdepan beropini di media massa dan media sosial. Saya sangat mengappresiasinya.
Insya Allah pula semuanya itu telah mewarnai konten tulisan-tulisan saya di beberapa medsos. Semoga.!
Syukron barakallah
Wassalam

====✅✅✅

Penulis:
H.Apendi Arsyad
(Pendiri dan Wasek Wankar ICMI Pusat merangkap Ketua Wanhat ICMI Orwil Khusus Bogor, Pendiri dan Dosen Universitas Djuanda, Konsultan, Pegiat dan Pengamat Sosial)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles